English English Indonesian Indonesian
oleh

Siswa Sambut Sangat Antusias Tular Nalar di SMAN 1 Maros

MAROS, FAJAR–Program Tular Nalar kembali menggema. Kali ini dilaksanakan oleh Komunitas Jurnalis Sulsel di SMAN 1 Maros, Sulsel, Sabtu (9/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan memberi edukasi demokrasi dan antihoaks terhadap para siswa kelas 12. Para siswa yang menjadi peserta adalah mereka yang telah berusia 17 tahun atau akan memasuki 17 tahun per awal Februari 2023 nanti.

Sebanyak 100 siswa terlibat dalam kegiatan edukatif ini. Digelar dengan suasana santai tapi serius, para peserta sangat antusias mengikuti seluruh tahapan kegiatan hingga selesai. Bahkan ada yang masih meminta dilanjutkan, padahal waktu telah habis.

“Kak, boleh ditambah lagi? Saya suka permainannya,” ujar Gina, salah seorang peserta dari Kelas 12. Gina dan teman-temannya sangat menikmati kegiatan. Terutama karena fasilitator yang mendampingi, sering kali mengeluarkan game-game kecil yang membuat mereka senang dan tidak jenuh.

Mereka juga lekas menangkap materi yang disampaikan. Mulai materi kiat mencegah dan melawan hoaks, hingga hierarki lembaga negara di tiga sektor: legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Mereka sadar, tanpa menggunakan daya pikir kritis dan rasional, hoaks akan mudah “menyerang” generasi muda. Karenanya, rasionalitas merupakan kunci menghadapi hoaks, terutama pada masa pemilu seperti saat ini.

“Hoaks merusak pertemanan dan memancing emosi orang, sehingga rawan konflik,” tambah Asni, salah seorang peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan yang diinisiasi Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) ini.

Salah seorang fasilitator Tular Nalar, Hardianti, mengapresiasi kegiatan ini. Persiapan matang telah dilakukan sebelum hari H. Serangkaian meeting dan simulasi mewarnai persiapan sebelum ke SMAN 1 Maros. Apalagi dengan melihat antusiasme peserta, turut memberi semangat untuk melaksanakan penyadaran akan informasi dan partisipasi politik kaum muda, terutama untuk pemilih pemula.

PIC Wilayah Komunitas Jurnalis Sulsel, Humaerah, menambahkan, sasaran utama dari kegiatan ini adalah memastikan keterlibatan pemilih pemula yang masih duduk di bangku sekolah. Suara mereka menjadi penentu bagi masa depan bangsa. Apalagi, kelompok usai muda ini secara populasi masih sangat besar.

Divisi Pencegahan, Humas, dan Parmas Bawaslu Maros Sayyed Mahmuddin Assagaf menyambut baik kegiatan ini. Agenda Tular Nalar yang mengunjungi sekolah merupakan hal positif untuk memaksimalkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Secara khusus dia berpesan agar Gen Z, julukan bagi generasi muda saat ini yang masuk kategori pemilih pemula, bisa menyalurkan hak politik mereka secara bertanggung jawab. Keterlibatan mereka akan ikut memperbaiki arah masa depan bangsa.

Hal senada disampaikan Wakil Kepala SMAN 1 Maros yang Membidangi Kurikulum Jupridin, SPd, M.M. Dia mengatakan, kegiatan positif ini. Apalagi, sekolahnya terpilih untuk melaksanakan kegiatan ini. (*)

News Feed