English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemprov Sulsel Lunasi Gaji Dua Bulan PPPK

FAJAR, MAKASSAR- Angin segar bagi PPPK Guru. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tuntaskan gaji yang tertunggak. Diketahui, gaji PPPK yang belum tersalurkan terhitung bulan Agustus dan September untuk PPPK pengangkatan tahap 3. Selain itu gaji bulan November untuk PPPK tahap 1, 2, dan 3 juga belum terbayarkan.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulsel, Salehuddin mengatakan, pihaknya telah merampungkan segala administrasi untuk merealisasikan pembayaran gaji PPPK yang tertunda itu.

Kata dia, gaji itu dicairkan hari ini (kemarin) untuk semua pengangkatan. “Insyaallah terbayar ini hari (kemarin) semua, Agustus tahap ketiga, September tahap ketiga, November semua yang tertunda dibayarkan semua,” kata Salehuddin, Selasa, 21 November. 

Ia mengutarakan, salah satu penyebab tertundanya pembayaran gaji untuk PPPK Sulsel tersebut karena kendala pada 180 orang yang terlambat menerima SK pada salah satu pengangkatan.

“Penyebabnya itu sebanyak 180 orang lebih yang terlambat menerima SK,” bebernya.

Kemudian, anggaran pembayaran gaji PPPK itu masuk ke dalam APBD Perubahan 2023. Hanya saja, ia tidak menyampaikan secara rinci untuk besaran anggarannya.

“Anggarannya di perubahan pi, penetapan pada 31 oktober 2023 baru jalan DPPA, kalau lambat jalan DPPA lambat juga pencairan gaji,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Iqbal Najamuddin menyampaikan untuk PPPK Tahap 3, keterlambatan gaji bulan Agustus dan September dikarenakan masih proses pengurusan berkas bagi yang bersangkutan.

“Sehingga gaji susulan bulan Agustus dan September, termasuk gaji bulan November akan dibayarkan bulan ini. Sementara proses, secepatnya dibayarkan,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Begitu pula dengan gaji PPPK tahap 1 dan 2 khusus untuk bulan November akan dibayar di saat yang sama.

“Termasuk PPPK tahap 1 dan 2 untuk gaji November, pembayaran gaji PPPK ini kita akan bayarkan di bulan November. Karena kita mengikuti skema alur APBD Perubahan tahun 2023, di mana APBD Perubahan bisa kita lakukan prosesnya di bulan November ini,” jelasnya. (uca/*)

News Feed