English English Indonesian Indonesian
oleh

Gemini Indonesia Gelar Pelatihan Siaga Bencana untuk Milenial Sulsel

“Karena hal paling sulit bukan saat bencana terjadi tapi setelahnya. Korban harus sering mencurahkan isi hati dan rutin interaksi,” ujarnya.Sunarti Sain selaku Jurnalis memberikan penjelasan detail soal respons dan peran media dalam konteks kebencanaan. Selain berperan memberikan informasi soal pengetahuan tentang mitigasi bencana, media juga dapat menjadi pengawas dalam distribusi bantuan bagi para korban bencana.

“Terkait kebutuhan bantuan, lebih dominan makanan, kadang kebutuhan korban perempuan juga perlu diakomodir, khususnya bagi korban perempuan yang juga membutuhkan pembalut wanitaujar Una’–sapaan akrabnya.Selain itu kata dia, pemahaman masyarakat soal misinformasi dan disinformasi saat bencana sangat penting dikedepankan. Melakukan verifikasi terhadap informasi yang diterima akan lebih bijak sebelum ikut menyebarkan.

“Agar dapat membedakan disinformasi dan misinformasi. Termasuk informasi hoaks yang kadang terjadi saat bencana,” katanya.

Peran media lanjut Una, memang tidak bisa mencegah bencana, tapi dapat menyaring informasi yang benar dalam mencegah kepanikan masyarakat agar meminimalisir jumlah korban.”Media juga tidak hanya fokus terhadap respons bencana, tapi juga menggerakkan kepedulian tentang upaya penanggulangan bencana,” tuturnya.

News Feed