English English Indonesian Indonesian
oleh

Puang Badar Ingatkan Petani Sawit Manfaatkan Program PSR

FAJAR, LUWU UTARA — Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit (APKASINDO) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr Ir H Badaruddin Puang Sabang MM, mengingatkan para petani penerima program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk memanfaatkan bantuan program tersebut secara baik, sesuai target dari pemerintah untuk mengamankan dan menggenjot peningkatan produksi sawit.

“Kita harapkan para petani penerima program PSR sawit ini agar betul-betul memanfaatkan peluang yang didapatkan dari bantuan tersebut. Karena biasanya program bantuan dari pemerintah itu tidak hanya sampai di situ namun akan berkelanjutan. Akan ada bantuan-bantuan lainnya yang akan menyusul,” ungkapnya di sela-sela menghadiri kegiatan sosialisasi dan silaturahmi bersama keluarga besar petani di Bone-bone, Luwu Utara, baru-baru ini.

Menurut tokoh petani asal Sulsel yang juga dipercaya mengembang amanah sebagai Ketua Umum Perkumpulan Penangkar Benih Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBTPI) ini, membangun perkebunan sudah tentu harus melibatkan dari berbagai pihak. Kehadiran dan keberpihakan pemerintah pada rakyat, serta hadirnya pelaku usaha yang hukumnya untuk kepentingan bersama.

“Ekspor komoditas perkebunan pada 2023 paling besar disumbang oleh komoditas kelapa sawit sebesar Rp47,93 triliun. Pemerintah mempertahankan itu, salah satunya dengan program PSR, bahkan targetnya juga dapat menggenjot peningkatan produksi sawit, sebab sawit bisa menghidupi 280 juta penduduk Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Puang Badar ini.

Dalam rangka optimalisasi hasil perkebunan sawit tersebut dibutuhkan komitmen bersama antara petani sawit dan pemerintah daerah serta pelaku usaha dan perlu mendapatkan dukungan kebijakan yang tepat dan realistis, serta adanya dukungan akses yang terintegrasi dari para pelaku usaha di sektor perkebunan.

News Feed