English English Indonesian Indonesian
oleh

Puang Badar Ingatkan Petani Sawit Manfaatkan Program PSR

Ia menjelaskan, para petani dan pemerintah daerah harus memiliki ekspektasi produksi pertanian dan perkebunan di wilayahnya dapat menciptakan turunan-turunan produk baru yang dapat menjadi nilai tambah yang memicu hadirnya industri-industri yang akan mengolah hasil pertanian dan perkebunan itu sendiri.

“Untuk itu ke depan, perlu adanya sejumlah program dan inovasi yang dijadikan mode untuk pengembangan perkebunan seperti misalnya mode program yang telah berhasil dilaksanakan di Kalimantan Selatan. Yaitu pemerintah daerahnya
mengembangkan inovasi kerja sama integrasi usaha perkebunan kelapa sawit dengan peternakan sapi berbasis kemitraan usaha,” jelasnya.

“Tujuannya untuk peningkatan produksi dan populasi sapi melalui pemanfaatan lahan sawit, pemanfaatan limbah industri sawit dan pelepah sawit untuk pakan ternak, penguatan pembiayaan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, dan penguatan rantai pasok ternak dan hasil ternak, yang dampaknya menghasilkan penyerapan banyak tenaga kerja. Sehingga pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, angka pengangguran dan angka kemiskinan dapat ditekan atau diturunkan secara maksimal,” tambahnya. (ams)

News Feed