English English Indonesian Indonesian
oleh

Peringati Sumpah Pemuda 2023, GEMA INTI Adakan Festival Merah Putih dan Mukernas di Sulsel

FAJAR, MAKASSAR – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 2023, GEMA INTI (Generasi Muda Perhimpunan INTI) akan mengadakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IV dan Festival Merah Putih (FMP) pada 26-29 Oktober 2023 di Malino dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua GEMA INTI Pusat Ketut Rendy Setiawan dalam keterangannya menyampaikan bahwa Mukernas IV GEMA INTI akan diselenggarakan pada 26-27 Oktober di Malino, kabupaten Gowa. Dan dilanjutkan FMP pada 28-29 Oktober yang dilangsungkan secara istimewa di atas kapal phinisi yang berlayar memutari teluk Makassar sambil menikmati senja matahari terbenam.

“Ini merupakan event tahunan GEMA INTI yang dilakukan secara bergantian. Sebelumnya diadakan di Bali, Medan, Batam, Surabaya, Tangerang, Jakarta. Tahun ini diadakan Makassar dan Gema INTI Sulsel menjadi panitia dan tuan rumah,” kata Rendy.

Sementara Sekretaris Gema INTI Pusat Erfan Sutono menyampaikan Mukernas IV INTI yang akan dihadiri pengurus GEMA INTI dari berbagai daerah ini memiliki agenda penting untuk membahas program kerja selama 1 tahun depan dan tentunya dalam menyikapi tahun Pemilu 2024.

Perhimpunan INTI sebagai induk organisasi pada Munaslub II Juni 2023 lalu telah menyerukan agar segenap keluarga besar INTI tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. “GEMA INTI tentunya akan tetap tegak lurus dengan INTI, tapi mendorong kader-kader muda yang ingin maju ke dunia politik jika memiliki visi misi sejalan dengan perjuangan INTI,” kata Erfan.

Sedangkan Ketua Pengurus Daerah GEMA INTI Sulawesi Selatan Affandy Arifin Djimerto selaku tuan rumah dan panitia acara menyampaikan dirinya bersama segenap panitia mendapat dukungan penuh dari Perhimpunan INTI Sulawesi Selatan untuk menyiapkan acara secara maksimal untuk menyambut kedatangan pengurus GEMA INTI dari berbagai daerah.

Sebelumnya, Ketua INTI Sulsel Peter Gozal dan Sekretaris Albertus Yap juga mendampingi telah audiens dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, terkait pelaksanaan Mukernas IV GEMA INTI di wilayahnya di Malino.

Bupati Gowa menyatakan mendukung penuh pelaksanaan Mukernas Gema INTI di daerahnya. “Atas nama segenap panitia, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gowa pak Adnan, Ketua INTI Sulsel pak Peter Gozal beserta Sekretaris pak Albertus Yap,” ungkap Affandy.

FMP sebagai acara puncak Sumpah Pemuda akan menampilkan tarian dan seni budaya tradisional Sulawesi Selatan, lalu dilanjutkan dialog kebangsaan dan ditutup dengan pembacaan Sumpah Pemuda bersama segenap organisasi kepemudaan di atas kapal phinisi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Setelah itu, pada 29 Oktober akan dilakukan peresmian bantuan Sumur Bor Instalasi Dalam di Pondok Pesantren Matahari, Maros. Bantuan untuk mengatasi kekeringan ini merupakan kerjasama INTI Sulsel, Gema INTI Sulsel dan The Zora BSD City.

Selain itu semua acara juga akan diisi kegiatan bakti sosial berupa pembagian 1 ton beras kepada masyarakat membutihkan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Kabupaten Gowa. (mum)

News Feed