English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Produksi Ternak Unhas Edukasi Warga Takalar Manajemen Budi Daya Ayam Buras dan Petelur

FAJAR, MAKASSAR-Sebanyak 20 orang dosen dari Departemen Produksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelompok Tani Ternak Manongkoki II, yang terletak di Lingkungan Pa’bentengan, Kelurahan Manongkoki, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu, 14 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi yang rutin dilakukan oleh dosen Fapet Unhas setiap semester.

Dalam pengabdian ini, dosen-dosen Fapet Unhas menyampaikan berbagai materi dan demonstrasi kepada peserta. Dr. Ir. Wempie Pakiding, M.Sc, memberikan penyuluhan tentang “Manajemen Budidaya Ayam Buras dan Petelur.”

Selain itu, drh. Farida Nur Yuliati, M.Si, memberikan informasi tentang aplikasi Eco-Enzyme dari Limbah Rumah Tangga pada ternak. Sementara itu, Dr. Hajrawati, S.Pt., M.Si, melakukan demonstrasi tentang Diversifikasi Olahan Daging Ayam, termasuk pembuatan Nugget.

Peserta kegiatan terlihat sangat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan tersebut. Ketua Tim Pengabdian Departemen Produksi Ternak Fapet Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Irfan Said, S.Pt.,MP., IPM., ASEAN Eng., berharap bahwa melalui kegiatan ini, masyarakat di Manongkoki II akan lebih memahami dan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh.

Kolaborasi antara masyarakat dan perguruan tinggi, khususnya Universitas Hasanuddin, memiliki potensi untuk meningkatkan pengembangan peternakan tropika dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya protein hewani dalam pemenuhan gizi masyarakat. (*)

News Feed