English English Indonesian Indonesian
oleh

PSMTI Sulsel Ajak Masyarakat Hidup Sehat Dengan Donor Darah

FAJAR, MAKASSAR–Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulsel kembali mengadakan kegiatan donor darah secara serentak.Kegiatan dilaksanakan di empat titik di Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) PSMTI ke-25 ini juga dilaksanakan secara serentak oleh PSMTI se-Indonesia. Donor darah tersebut dilaksanakan selama 25 hari, mulai 21 September-15 Oktober 2023.

Khusus PSMTI Sulsel, donor darah dilaksanakan mulai 23 September di Trans Studio Mall (TSM) Makassar. Kemudian, 24 September di Mall Nipah dan Makassar Town Square (MTos).

Selanjutnya, kembali akan dilaksanakan bekerja sama Bank Republik Indonesia (BRI) di Jalan Ahmad Yani Makassar. “Kegiatan akan dilaksanakan pada 29 September,” kata Ketua PSMTI Sulsel, Emmy Jita.

Kegiatan di empat titik ini ditargetkan mengumpulkan 700 kantong darah. “Kita berharap bisa mencapai target. Dan kita bersyukur karena antusias masyarakat sangat tinggi untuk menyumbangkan darahnya,” ucap Emmy.

Donor darah ini pun menjadi daya tarik tersendiri karena setiap pendonor diberikan beras 5 kilogram dan suplemen.  Ha tersebut sebagai bentuk apresiasi penyelenggara kepada pendonor yang menyumbangkan darahnya.

Pengunjung hingga para karyawan mal pun tampak sangat antusias mendaftarkan diri untuk mendaftar. Seperti pantauan FAJAR di Mall TSM, donor darah yang dibuka sejak pukul 10.00-16.00 Wita, terlihat dipadati pendonor.

Emmy menjelaskan bahwa, aksi donor darah ini memang selalu diadakan PSMTI. Bahkan, minimal tiga kali dalam setahun, seperti di bulan Ramadan untuk membantu ketersediaan darah.

“Karena kita ketahui, umat Islam banyak yang tidak bisa donor karena puasa,” ungkap Emmy.

Selain itu, donor darah ini merupakan komitmen PSMTI setelah melakukan MoU dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

Ditambah lagi Emmy, donor darah ini adalah salah satu cara agar hidup sehat. Apalagi jika dilakukan secara rutin.

“Artinya dengan kita sering buat kegiatan donor darah, berarti kita mengajak orang hidup lebih sehat. Selain itu juga amal karena membantu orang yang membutuhkan darah,” katanya.

Salah satu pengunjung mal di TSM yang ikut mendonorkan darahnya, Lanny mengapresiasi kegiatan PSMTI. Dia mengatakan, kegiatan donor darah ini sangat positif karena banyak sekali orang yang butuh darah tiap harinya.

“Sangat banyak orang yang ada di dalam rumah sakit yang butuh darah setiap saat. Kadang kita dengar ada yang kesulitan mendapat karena stok yang kosong. Jadi kegiatan ini sangat membantu,” katanya.

Diketahui, donor darah serentak ini ikut didukung oleh sejumlah sponsor. Seperti Persaja, PMI Makassar, BRI, Brands, Saripati Ayam Brands, Fajar, dan sejumlah media partner lainnya . (mum) 

News Feed