English English Indonesian Indonesian
oleh

Jemaah Umrah Al Jasiyah Travel Kunjungi Kota Thaif

FAJAR, MAKASSAR — Berangkat dengan program umrah 13 hari, jemaah umrah Al Jasiyah Travel berkesempatan mengunjungi Kota Thaif, Sabtu, 2 September 2023.

Diketahui pesona Kota Thaif yang indah dan sejuk membuat wisatawan khususnya jemaah haji maupun umrah ingin berkunjung ke lokasi tersebut.  Kota yang dikenal memiliki sejarah perjuangan syiar Nabi Muhammad ini berada di antara Pegunungan Asir dan pegunungan al-Hada.

Thaif berjarak sekitar 80 kilometer dari Mekkah dan bisa ditempuh selama 1,5 jam jika menggunakan kendaraan.

Kota Thaif diberkahi dengan tanah yang subur, walaupun komposisi bebatuan lebih mendominasi. Dengan kesuburan yang dimilikinya, maka Kota Thaif terkenal dengan kekayaan produk pertanian.

Berbagai jenis buah-buahan, seperti anggur, kurma, delima, dan lain-lain dihasilkan oleh daerah yang subur ini. Demikian juga beragam macam sayur mayur dan bunga-bungaan.

Bunga-bungaan seperti ambar, misik, dan yasmin dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat minyak wangi. Hasil tanaman yang melimpah ruah tersebut sebagiannya diekspor ke berbagai negara.

Perjalanan menuju Kota Thaif, khususnya ketika melewati Pegunungan Asir dan pegunungan al-Hada akan menemukan jalan yang berkelok-kelok, panjang dan menanjak hingga puncak. Tak seperti pegunungan pada umumnya, area pegunungan di sini nyaris tak ditumbuhi pepohonan, kawasan di sini nampak tandus, berbatu dan berpasir.

Namun saat memasuki Kota Al-Hada sebelum Thaif, akan terlihat pemandangan sebaliknya. Di sepanjang jalan terlihat pemandangan yang sejuk, sejumlah pepohonan dan perkebunan kurma nampak tumbuh subur dan tertata dengan rapi. Tampak pula beberapa rumah tradisional berdiri di tengah perkebunan itu yang membuat makin indah pemandangan.

News Feed