English English Indonesian Indonesian
oleh

YIMM Perlihatkan Pabrik Perakitan Motor Yamaha

FAJAR, JAKARTA-Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengajak para jurnalis dari berbagai provinsi untuk melihat langsung salah satu pabrik sepeda motor Yamaha yang terletak
Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis, 31 Agustus.

Media Factory Visit ini disebut sebagai yang pertama setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan. “Terakhir kali kegiatan dilaksanakan pada 2018 yang lalu. Tujuannya, karena kami sudah kangen dengan media, 5 tahun lalu berkunjung, sekarang baru ini lagi dilaksanakan,” kata
Presiden Direktur dan CEO YIMM, Dyonisius Beti saat menyambut para awak media.

Dia menjelaskan bahwa pabrik perakitan motor di Pulogadung ini merupakan satu dari dua pabrik yang dimiliki PT YIMM. Satu pabrik lagi berada di Karawang, Jawa Barat.

Dyonisius menyampaikan, di atas pabrik seluas 35 hektare ini, motor yang mampu diproduksi mencapai 5.500 hingga 7.000 unit perhari, sesuai kebutuhan. Jika dirata-ratakan kata dia, ada satu unit motor yang keluar tiap 0,7 menit.

Di area pabrik, jurnalis diajak mengunjungi beberapa bangunan, seperti  di Area Up Skill Center, Engine Assembling dan Body Assembling. Di lokasi itulah unit motor dirakit oleh tangan terampil anak bangsa, dengan quality control yang tinggi.

“Tidak ada perbedaan karyawan laki-laki dan perempuan, semua mendapatkan perhatian sama, fasilitas yang sama, kesehatan. Kecuali cuti melahirkan untuk perempuan,” ucap Dyonisius.

Tidak hanya untuk dalam negeri, produksi motor dan sparepart YIMM juga diekspor ke berbagai negara. Namun, unitnya disesuaikan dengan peraturan negara tujuan. Sekarang, sudah ada 50 lebih varian yang diproduksi.

“Kami, sudah mengekspor cukup besar, hitungan kita lebih 2 juta ekspor ke 40 lebih negara, selama 20 tahun ini,” beber Dyonisius. (mum)

News Feed