English English Indonesian Indonesian
oleh

Kinerja Belanja Fiskal Sulsel (2)

Perkembangan Realisasi Belanja Pagu belanja APBN pada tahun 2023 meningkat, Rp23,78 triliun dibanding tahun sebelumnya, Rp19,71 triliun. Dikontribusi oleh belanja pegawai dan belanja barang. Belanja modal sebesar Rp140,74 miliar merupakan komponen yang meningkat 2,43 persen dari pagu tapi menurun dari sisi realisasi. 

Realisasi anggaran belanja bantuan social, mencapai Rp27,32 miliar atau 36,26 persen dari pagu. Realisasi tinggi tersebut dimungkinkan karena beberapa program perlindungan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), sembako, bantuan kebencanaan, Realisasi belanja pegawai, baik secara nominal maupun persentase. 

Di sisi lain, komponen belanja modal menurun secara nominal maupun persentase pada periode triwulan I 2003. Realisasi belanja modal lebih rendah terhadap pagu, 2,43% atau sebesar Rp140,74 miliar dibanding periode sebelumnya. 

Terakhir, memperhatikan tren perkembangan belanja fiskal pada triwulan I-2023 dapat dikatakan cukup baik dan efektif karena terjadi peningkatan cukup signifikan, teralisasi 8,73 persen, lebih tingg 1 persen dari periode sebelumnya.

Kemudian, berdasarkan pembahasan pada bagian pertama dan pembahasan bagian kedua ini, tampaknya khusus terkait dengan indikator Kemandirian fiskal Sulsel secara umum hingga triwulan I 2023 telah mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya. Tercermin darai rasio jumlah PAD seluruh Pemda di Sulsel (Pemprov dan Pemerintah 24 Kabupaten/Kota) terhadap total pendapatannya telah meningkat, dari 24,16 persen menjadi 26,19 persen.

News Feed