English English Indonesian Indonesian
oleh

Sambut Hari Merdeka, Pelajar SLBN 1 Pembina Makassar Helat Karnaval Budaya dan Fashion Show

FAJAR, MAKASSAR — HUT Kemerdekaan ke-78 RI disambut penuh antusias para pelajar SLBN 1 Pembina Makassar. Mereka mengenakan kostum warna-warni dan busana adat daerah nusantara, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Makin meriah karena pelajar menggelar karnaval budaya dan fashion show di halaman sekolah.

Ratusan pelajar mulai SD, SMP, dan SMA mengikuti karnaval dengan rute sejauh lima kilometer mengelilingi kawasan di sekitar sekolah. Sebagian menyusuri rute jalan raya.

Meski raga mereka terbatas,  namun pagelaran karnaval yang mereka lakukan penuh semangat. Karnaval ini dipandu grup drum band sekolah.

Rute dimulai dari sekolah lalu berjalan ke arah lorong Jl Dg Tata, mengitari Perumahan Kumala Permai, lalu ke Jl Muh Tahir. Kemudian ke Jl Dg Tata Raya, dan finis kembali di halaman sekolah.

Kepala SLBN 1 Pembina Makassar, Andi Hamjan S.Pd, M.Pd mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan kebudayaan ini rutin digelar setiap tahunnya dalam menyambut Hari Merdeka.

“Kegiatan ini bagian dari upaya membaurkan siswa secara sosial. Yang juga memperkenalkan kepada masyarakat bahwa SLBN 1 ini merupakan wadah bagi anak-anak disabilitas untuk menempuh pendidikan,” terangnya.  

Hamjan menambahkan, tak sedikit orang tua yang masih malu mengakui jika memiliki anak disabilitas.

“Bahkan kami menemukan kasus, ada anak yang disembunyikan oleh orang tuanya di dalam rumah karena cacat. Maka kami mengimbau masyarakat yang memiliki anak cacat, agar disekolahkan di SLB di sekitar rumahnya,” sambung Hamjan.

Usai karnaval, pelajar melanjutkan kegiatan fashiob show di aula gedung sekolah. Busana budaya yang dikenakan oleh pelajar dan orang tuanya dilombakan oleh pihak sekolah. Busana terbaik akan mendapatkan hadiah dan gelar juara.

News Feed