English English Indonesian Indonesian
oleh

Dokter Udin Ingatkan Pentingnya Pola Asuh, Hindarkan Anak dari Stunting

FAJAR, MAKASSAR-Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM), dr Udin Malik meminta orang tua untuk terus memperhatikan pola asuh terhadap anaknya. Ini penting untuk memastikan anak terhindari dari stunting.

Sebagaimana diketahui program zero stunting sudah dicanangkan hingga tahun 2024 oleh pemerintah, dr Udin menilai ini hanya bisa dicapai dengan peran penting dari orang tua. Hal itu disampaikan oleh menantu wali kota Makassar ini dalam kunjungannya Kelurahan Buntusu, Kecamatan Tamalanrea, Selasa, 8 Agustus.

Kunjungan tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Lapangan Tala’. “Jadi asupan makanan ini harus mulai di pola, antara lain dengan memberikan dari hewani, sayur, dan lainnya dengan kandungan gizi yang baik. Bisa juga yang sederhana, yaitu lauknya ikan atau telur ditambah sayur dan nasi,” ujar alumni Fakultas Kedokteran Unhas tahun angkatan 2013 ini.

dr Udin juga menyempatkan diri untuk mengunjungi seorang anak yang terdata stunting. Ini setelah salah seorang warga memberi informasi terkait kondisi anak tersebut yang terlihat pertumbuhannya kurang baik.

Saat dikunjungi dr Udin Malik, anak tersebut diketahui kurang makan. Lebih dominan mengonsumsi snack. Ini merupakan salah satu contoh pola asuh yang kurang baik dari orang tua, makanya dirinya mengedukasi langsung orang tua dan beberapa warga di sana. “Termasuk dari segi makanan, sering memberi karoppo itu membuat anak kenyang sala-sala,” tuturnya. (an)

News Feed