English English Indonesian Indonesian
oleh

Rayakan HAN dan HPI, Bunda Pustaka SDN Borong Bikin Workshop Pembacaan Puisi

FAJAR, MAKASSAR – Puluhan murid SD Negeri (SDN) Borong mendapat pengalaman berharga seputar teknik membaca puisi dari Pengurus Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Sulsel Rosita Desriani, yang biasa menjadi juri lomba baca puisi di berbagai ajang di Sulsel dan Sulbar.

Rosita Desriani hadir sebagai narasumber Workshop Pembacaan Puisi, yang diadakan oleh Bunda Pustaka SDN Borong, Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan apresiasi siswa terhadap karya sastra.

Workshop diadakan dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN), 23 Juli 2023, dan Hari Puisi Indonesia (HPI), 26 Juli 2023. Workshop yang berlangsung interaktif dan penuh antusias itu, diadakan di Perpustakaan Gerbang Ilmu UPT SPF SDN Borong, Jumat, 28 Juli 2023.

Bukan cuma anak-anak. Kegiatan yang dipandu Saparuddin Numa, S.I.P,  Kepala Perpustakaan  Gerbang Ilmu itu, bahkan juga diikuti sejumlah anggota Bunda Pustaka, termasuk Ketua Bunda Pustaka, periode 2023-2025, Mulyati Husain.

Rusdin Tompo, dalam pengantarnya mengatakan, pentingnya anak-anak sejak kecil membaca puisi agar mereka kaya dengan kosakata. Anak-anak juga terlatih memilih diksi-diksi menarik dan tepat untuk mengungkapkan dan mengekspresikan perasaannya. 

Rusdin merupakan pegiatan sekolah ramah anak, yang juga merupakan Koordinator Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Provinsi Sulawesi Selatan. Dia merupakan pendamping minat bakat di SDN Borong.

Rosita Desriani langsung memukau anak-anak setelah membaca puisi berjudul “Ibu” karya D Zawawi Imron, sebagai pembuka materinya. Pembacaan puisi yang penuh penghayatan itu, membuat banyak mata berkaca-kaca. Bahkan seorang anak tak kuasa menahan tangisnya.

News Feed