English English Indonesian Indonesian
oleh

DPRD Nilai Putra Sulsel Layak Jabat Plt Gubernur

FAJAR, MAKASSAR – Menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada September mendatang, DPRD Sulsel juga tengah bersiap menggodok nama yang diusulkan sebagai pelaksaba tugas.

Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif menyebut sesuai pengalaman di beberapa provinsi yang masa jabatannya berakhir tahun 2023 ini, maka satu bulan sebelumnya sudah ada pemberitahuan dari Kemendagri ke DPRD untuk mengusulkan nama.

“Tentu putra-putra Sulsel yang memenuhi syarat sangat banyak. Baik di lembaga kementerian, TNI Polri dan lain-lain,” kata Syahar, Selasa, 25 Juli. Pihaknya menyebut sedang menunggu surat tersebut, sembari membahas di DPRD.

“Masing-masing fraksi akan mengusulkan nama. Selanjutnya tiga nama diusulkan DPRD dan tiga nama diusulkan Kemendagri diserahkan ke Presiden,” kata politikus Partai Nasdem ini.

Sejauh ini nama yang beredar dan memenuhi syarat kepangkatan yakni dua Rektor dari universitas tekemuka di Makassar, Rektor Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam.

Lainnya Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jufri Rahman, Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, Laksma TNI Abdul Rivai.

Ada juga nama Inspektur Utama Setjen DPR RI dan mantan Kapolda Sulsel, Komjen Nana Sudjana. Sebelumnya, Anggota Fraksi Golkar Sulsel, Arfandi Idris menyebut yang layak menjabat memang yang mengetahui seluk beluk daerah ini.

“Harusnya dia dikenal dan mengenal daerah ini. Jadi dia tidak lagi baru mencari dan mengenali. Tapi sudah bisa langsung jalan,” beber Arfandi.

Fraksinya sendir belum membahas secara detail, mereka menunggu surat dari pimpinan DPRD untuk pengusulan nama Penjabat Gubernur dari Partai Golkar. (nas)

News Feed