English English Indonesian Indonesian
oleh

Siswa Disabilitas Jago Drum Band dan Menari di SLBN 1 Pembina Makassar

FAJAR, MAKASSAR — Anak adalah anugerah Tuhan. Mereka diciptakan dengan kelebihannya masing-masing.

Di SLBN 1 Pembina Makassar, siswa berkebutuhan khusus mampu mengasah bakatnya masing-masing. Seperti yang terlihat selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), 17-20 Juli 2023.

Sekolah terintegrasi mulai dari TK hingga SMA ini baru saja menerima 109 siswa baru. Mereka diajak mengenali lingkungan sekolah dan tata tertibnya. Menariknya, siswa yang sudah bersekolah di sana mampu menampilkan kebolehannya tanpa canggung.

Tak hanya siswa baru yang bersemangat. Para orang tua yang ikut mendampingi pun tak kalah antusias menyemarakkan MPLS sekolah yang terletak di Jl Dg Tata Nomor 2, Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate ini.

Kepala SLBN 1 Pembina Makassar, Andi Hamjan, SPd, MPd, mengatakan, para pelajar merupakan anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

“Mereka belajar meningkatkan keterampilan agar berkualitas, dengan mengasah lifeskill-nya,” ucap Hamjan.

Diketahui, SLBN 1 Pembina Makassar ini dinaungi oleh Pemprov Sulsel. Hadir sebagai wadah bagi masyarakat yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK), sesuai dengan amanat UU Pendidikan Nasional Tahun 2003, tentang warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, dan intelektual yang berhak memperoleh pendidikan khusus.

Meski demikian, sarana dan prasarana serta tenaga yang terbatas, sehingga tidak semua ABK bisa diakomodasi.

“Mereka yang diterima, insyaallah akan memperoleh pendidikan yang baik dengan kualitas yang oke sesuai kebutuhannya,” terang Hamjan.

News Feed