English English Indonesian Indonesian
oleh

951 Mahasiswa dari 73 Universitas Hadir di Pembukaan KKN Kebangsaan XI

FAJAR, MAKASSAR-Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke-XI di Universitas Tanjungpura (UNTAN) berlangsung meriah yang diikuti dengan 951 mahasiswa yang datang dari 73 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, Kamis (20/7/2023).

Tema yang diangkat dalam KKN Kebangsaan XI Tahun 2023 di UNTAN adalah  “Meneguhkan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Perbatasan Negara di Kalimantan Barat”. 

KKN Kebangsaan XI dilaksanakan selama satu bulan, dimulai pada 20 Juli 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023. Mahasiswa akan ditempatkan di 98 desa yang berada di Kabupaten Sambas (sebanyak 48 desa) dan Kabupaten Bengkayang (sebanyak 50 desa).

Prof Nizam mengatakan, hadirnya 951 mahasiswa di Kalbar adalah untuk merayakan Kebinekaan tunggal ika dan bersama-sama membangun negeri dari pinggiran batas Negara.

Selain itu Prof Nizam juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Kalbar yang telah menerima dengan baik para peserta KKN Kebangsaan 2023.

“Terima kasih bapak Gubernur Suratmidji atas kesediaan menerima para mahasiswa untuk belajar dan bersama-sama dengan masyarakat membangun desa-desa di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas dan Bengkayang,” tuturnya.

Ia mengatakan KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara, melalui karya yang nyata bersama sama mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar diatas kertas atau kajian tapi dalam wujud nyata bersama masyarakat.

Menurutnya Ilmu dari kampus bukan ilmu yang paling tinggi tetapi ilmu kehidupan kunci keberhasilan mahasiswa.

“ilmu kehidupan didapatkan justru dari kampus kehidupan, dari petani, masyarakat di desa, buruh, kuli dan para pekerja lapangan. disanalah hadir kearifan, disanalah belajar tentang keuletan, disiplin, tanggung jawab itulah salah satu tujuan penting dari  KKN Kebangsaan,” katanya.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum mengatakan KKN Kebangsaan ke XI di Kalbar akan memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa.

“Kalbar sangat banyak keunikan apalagi kabupaten Sambas dan Bengkayang yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Diharapkan para mahasiswa terus menggali pengalaman, merekam semua yang di dapat sebagai bekal dalam karir kedepan,” ujarnya.

Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si. mengatakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler perguruan tinggi yang memadukan dharma pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan.

“Program ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatnya di perguruan tinggi, mengembangkan soft skills, mematangkan kepribadian guna menumbuhkan jiwa kebangsaan atau cinta tanah air, serta rasa percaya diri dalam mempersiapkan diri menghadapi realitas kehidupan sosial kemasyarakatan, belajar bersama masyarakat, dan turut memberdayakan masyarakat di lokasi kegiatan,” katanya.

“Keberadaan KKN Kebangsaan dinilai sangat penting bagi para mahasiswa untuk memberikan kesempatan mengembangkan kemampuan untuk bekerja sama, menjadi pelopor kemajuan daerah, khususnya daerah Perbatasan, dan yang tidak kalah penting terbentuknya karakter untuk dapat saling percaya, mengembangkan toleransi dan memperkuat modal sosial sebagai pengikat kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI yang kita cintai,” pungkasnya.

Sebagai informasi KKN Kebangsaan ke XI juga diikuti oleh 2 perguruan tinggi dari luar negeri, yaitu Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) dan Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam. (*)

News Feed