English English Indonesian Indonesian
oleh

Satu Dekade KKN Kebangsaan

Perhelatan akbar KKN Kebangsaan ke-11 akan digelar pada tanggal 20 Juli 2023, di Universitas Tanjungpura Pontianak telah menapaki jejak sejarah yang mempertemukan mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) se-Nusantara. Kilas balik 10 tahun KKN Kebangsaan dicetuskan universitas berlogo Ayam Jantang dari Timur telah menjadi perhelatan akbar dengan berkumpulnya “mahasiswa bertalenta” di bidang keilmuan dan soft skill yang diimplementasikan dalam program pemberdayaan masyarakat.

Selama satu dekade luaran KKN bertaraf nasional telah mencetak ribuan “kader bangsa” dibekali semangat: nasionalisme, kebhinekaan, jati diri bangsa, empatik, mengenal suku bangsa yang berbeda, dan siap membangun bangsa ini di bawah panji merah putih.

Momen istimewa satu dekade, Universitas Tanjungpura meracik nilai-nilai kebangsaan dengan mengangkat tema: “Meneguhkan Nilai-Nilai Kebangsaan untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Wilayah Perbatasan”. Tentu kuliah kerja nyata yang dilaksanakan di perbatasan, mempunyai makna bahwa mahasiswa ikut merasakan masyarakat dan tinggal di perbatasan jauh dari pusat pemerintahan dan pengambilan keputusan serta masih beraroma 3T (Tertinggal, Terbatas, dan Terlupakan).

Sementara itu, Universitas Tanjungpura dalam pelaksanaan KKN Kebangsaan telah menetapkan 2 (dua) lokasi KKN Kebangsaan : Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang. Penentuan lokasi KKN dimaksudkan agar mahasiswa bersama masyarakat akan meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah airnya serta menebalkan rasa kebangsaan. Apalagi, KKN di tapal batas juga akan menjalin Kerjasama antara masyarakat serumpun yang selama ini hidup berdampingan. Oleh karena itu, kehadiran Universitas Malaysia Serawak (UNIMAS) turut serta menjadi peserta KKN Kebangsaan bersama saudara-saudaranya dalam upaya mempererat tenunan silaturahmi dan kebangsaan serumpun.

Peserta KKN Kebangsaan ke-11 tahun 2023, diikuti 71 Universitas di tanah air, ini menunjukkan animo dan harapan besar terjalin sinergi sejak mahasiswa akan mempermudah komunikasi dan kebersamaan selama sebulan dengan melakukan kolaborasi dalam bentuk pengabdian di masyarakat. Dan, merasakan hidup serta tinggal bersama masyarakat di perbatasan.

Perjalanan Satu Dekade KKN Kebangsaan telah memberikan kontribusi yang besar terhadap pembinaan karakter generasi penerus bangsa dalam mengaktualisasikan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam kehidupan nyata. Hal ini sangat penting dalam merajut kebhinekaan dalam bingkai kebangsaan yang harus terus dipertahankan sebagai karakter bangsa Indonesia.

Penanaman rasa kebangsaan sejak 10 tahun lalu merupakan penanaman nilai-nilai: Integritas, Nasionalisme, Kejujuran, Idealisme, Peduli terhadap rakyat, Karakter satria, Kebhinekaan, Setia pada NKRI, Leadership tangguh, kedisiplinan, holistik, Interkoneksitas dan advantif kompetitif. Kesemuanya itu berakar dari ideologi kebangsaan

Akhirnya, kepada seluruh mahasiswa KKN Kebangsaan berasal dari Sabang sampai Merauke dapat memberikan karya terbaik kepada masyarakat yang ada perbatasan Kalimantan Barat. Jayalah selalu KKN Kebangsaan. (*)

News Feed