English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Asman Sulaiman Terima Satyalencana Wira Karya Bidang Pertanian

FAJAR, BONE — Sukses dongkrak produksi pertanian di Bone, Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Bone, Andi Asman Sulaiman dianugerahi penghargaan Satyalencana Pembangunan dan Satyalencana Wira Karya dari Kementerian Pertanian RI.

Tanda kehormatan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo pada acara Pekan Nasional (PENAS) Petani dan Nelayan di Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 10 Juni 2023.

Andi Asman meraih tanda kehormatan Presiden RI atas keberhasilannya membawa Bone menjadi lumbung pangan nasional melalui inovasi Layar Hatiku. Di bawah kendali kakak kandung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman itu, Bone tercatat sebagai daerah penghasil padi terbesar di Sulsel, mengalahkan Sidrap.

Sejak menjabat Camat Barebbo, Kadis Ketapang, hingga Kadis TPHP Bone, Andi Asman fokus memajukan sektor pertanian.

Bahkan selama menjabat Kadis TPHP Bone, berbagai program pertanian terbilang sukses diterapkan.

Mulai dari IP400 yang tahun ini ditarget luas lahannya mencapai 10 ribu hektare. Kemudian benih mandiri hingga kampung hortikultura yang terbukti mampu meningkatkan pendapatan petani di Bone.

Andi Asman mengaku bersyukur atas penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana dari Presiden RI tersebut.

“Ini betul menjadi hal luar biasa bagi kami. Ini juga berkat kerja keras semua pihak, para penyuluh, petani serta seluruh stakeholder mulai tingkat kabupaten sampai dengan desa,” ucapnya, Jumat, 9 Juni 2023.

Sejak awal memimpin Dinas TPHP, ia bertekad mensejahterakan petani. Mantan Camat Barebbo dan Kadis Ketahanan Pangan Bone itu, memang rutin turun ke lapangan. Mengecek progres atau capaian program pertanian di desa-desa.

News Feed