English English Indonesian Indonesian
oleh

TNI Makin Peka Terhadap Masalah Sosial Masyarakat

FAJAR, MAKASSAR-Tugas TNI bukan hanya bertugas menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesehatan Republik Indonesia (NKRI), namun juga harus peka terhadap masalah sosial masyarakat. Mereka juga ditugaskan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang digelar pada rangkaian HUT Kodam XIV/Hasanuddin ke-66.

Kapendam XIV/Hasanuddin, Kolonel Inf Rio Purwantoro mengatakan bahwa dalam menyambut HUT Kodam XIV/Hasanuddin ke-66 banyak kegiatan yang diselenggarakan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu sepak bola sarung di lapangan Hasanuddin. Kegiatan tersebut diharapan menciptakan kebersamaan dan soliditas di seluruh komponen yang ada serta menimbulkan suatu ikatan yang kokoh berkomitmen bersama-sama bertugas mengabdi untuk Sulsel yang terbaik ke depannya

Selanjutnya lomba vocal group antar organisasi wanita se-Sulsel, yang digelar di Baruga M Yusuf Makodam, pada 30 Mei lalu. Tujuan kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadi wadah dan sarana untuk mengasah kemampuan di bidang vokal serta menjadikan ajang ini untuk saling silahturahmi dan memperkuat tali persaudaraan. Di hari yang sama dilanjutkan bakti sosial donor darah bertempat di Lapangan Hasanuddin.

“Tujuan melalui pelaksanaan kegiatan donor darah ini dapat menggugah hati masyarakat umum dan khususnya keluarga TNI, untuk senantiasa peka terhadap berbagai masalah sosial di masyarakat. Dimana hal ini sesuai dengan perintah bapak Kasad bahwa TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi,” kata Kolonel Inf Rio Purwantoro, Senin, 5 Juni 2023.

Rio Purwanto menuturkan kegiatan lain yang digelar adalah ziarah rombongan yang dipimpin oleh sebagai penghormatan, dan untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur sebagai kesuma bangsa demi membela bangsa dan negara serta rela berkorban jiwa dan raga tanpa pamrih demi NKRI. Kemudian membuka kejuaraan Drag Bike 201 M “Gowa Motor Club Bersama Kodam XIV/Hsn Drag Bike 2023” di Mako Rindam XIV/Hasanuddin pada 3 Juni 2023. Harapan dapat memunculkan bibit-bibit unggul pembalap muda, yang nantinya dapat berkiprah di event nasional bahkan internasional. Dilanjutkan doa bersama.

“Puncak HUT Kodam XIV/Hasanuddin digelar syukuran. Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti renovasi Makodam XIV/Hasanuddin dan Peresmian RTLH Tahap III serta melaunching RTLH Tahap IV dan Motor Ambulance Kodam XIV/Hasanuddin,” akunya.

Rio Purwanto juga menambahkan Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso juga telah banyak membuat program yang sangat membantu masyarakat. Diantaranya membantu dalam penanggulangan stunting, program banbinsa masuk dapur, pembagian sembako, membantu ketahanan pangan, penanggulangan inflasi, dan rehab rumah tidak layak huni (RTHL) serta program pemeriksaan kesehatan oleh nakes secara door to door, yang diperuntukkan bagi purnawirawan, masyarakat umum, dan lansia.

“Ini menandakan Kodam XIV/Hasanuddin selalu dekat dengan dan membantu masyarakat. TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” tambahnya. (edo)

News Feed