English English Indonesian Indonesian
oleh

Festival Pentas Seni Sulsel Bakal Meriahkan Pelantikan KKSS Balikpapan

FAJAR, BALIKPAPAN — Badan Pengurus Daerah (BPD) Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) periode 2022-2027 bakal dilantik pada Minggu, 19 Februari mendatang. Berbagai festival khas tanah bugis bakal memeriahkan kegiatan tersebut.

Ketua KKSS Balikpapan, Muhammad Adam Sinte mengatakan pelantikan akan menghadirkan 5.000 warga Balikpapan ber-DNA Sulsel. Tak hanya itu, pelantikan ini akan dimeriahkan oleh dua artis tenama, salah satunya Ratna LIDA, yang merupakan artis dangdut keturunan Sulsel yang akan menyanyikan lagu dari tiga etnis, yakni Bugis, Toraja, dan Makassar.

“Kemudian ada pementasan seni budaya, dari Sulsel yang dibawakan oleh Sanggar Seni Pattonro. Lumayan banyak, ada 120 pengurus inti yang akan dilantik. Jadi ini kabinet akomodatif, semua pilar kami libatkan dalam kepengurusan,” ungkapnya, Senin, 13 Februari 2023.

Terpilih sebagau ketua untuk kedua kalinya, dia ingn agar rumah besar KKSS menjadi wadah silaturahmi bagi seluruh diaspora asal Sulsel di Balikpapan. Salah satunya dengan, menggelar berbagai kegiatan yang memang bertujuan untuk memperkuat kekerabatan atar seluruh warga Sulsel di Balikpapan.

“Setiap Minggu pagi, kami gelar senam sehat, tentu tujuan utamanya agar silaturahmi bisa berjalan dengan baik. Kemudian, dalam bernagai kegiatan pemerintah kota, KKSS juga selalu terlibat dan mengambil peran,” beber pria yang juga Anggota DPRD Kaltim tersebut.

Terutama, kata dia, dalam kegiatan pentas. Seni dan budaya asal Sulsel, harus terus ditampilkan. Selain menjadi ajang perkenalan budaya, dia ingin agar penampilan tersebut tetap memberi ingatan bagi warga Sulsel di Balikpapan akan kampung halaman.

“Ini wadah silaturahmi, tidak berafiliasi pada salah satu partai politik. Penguatannya harus pada silaturahmi,” tegasnya. (*)

News Feed