English English Indonesian Indonesian
oleh

Gagas Pertukaran Pelajar hingga Pengembangan SDM, FK UMI Jajal Kerja Sama dengan Kampus di Malaysia

“Pembicaraan tentang agenda penelitian bersama yang Insyaallah akan segera disusun untuk kemudian ditandatangani bersama direncanakan pada Januari 2023 yang kemungkinan besar akan dilaksanakan di UMI Makassar,” jelas Nasrudin.

Sementara kunjungan di Fakulti Perubatan Universiti Kebangsaan Malaysia (FP UKM), tim FK UMI diterima oleh Asisten Dekan FP UKM Assc.Professor dr Muhammad Maaya. Nasrudin menjelaskan, pertemuan tersebut juga membicarakan terkait penelitian dan publikasi. “Adapun yang menarik adalah terkait pengembangan SDM staf atau dosen baik untuk program Magister ataupun PhD di FP UKM,” katanya.

Apalagi sebagai salah satu fakultas kedokteran tertua dan terbaik di Malaysia, lanjut Nasrudin, FP UKM ini masuk ke dalam rangking ke 129 fakultas kedokteran terbaik di dunia. “Tentu ini menjadi hal yang sangat bagus bagi FK UMI dapat bekerjasama dalam pengembangan kapasitas institusi dan SDM di FP UKM, ” jelas dia.

Agenda lain yang dibahas yaitu mekanisme pertukaran pelajar dari FP UKM ke FK UMI dan diharapkan pembahasan ini dituangkan dalam MoA antara FK UMI dengan FP UKM yang juga rencananya ditandatangani pada Januari 2023.

” Pembahasan menarik lainnya di UKM adalah terkait pembukaan Program Studi yang Insyaallah akan dibuka oleh FK UMI yaitu Program Studi Spesialis Obstetri dan Ginekolgi (Sp1 Obgin) sehingga bisa juga belajar dari FP UKM yang program spesialisnya sudah berkembang dengan sistem kurikulumnya yang banyak merujuk pada British curriculum. (*)

News Feed