English English Indonesian Indonesian
oleh

Info Menyehatkan

Jika tumbuhan memiliki reseptor yang serupa, maka mereka juga dapat merespons perubahan gelombang suara seperti yang berasal dari musik. “Penelitian menunjukkan bahwa tanaman dapat “berbicara” satu sama lain melalui getaran, dan komunikasi ini membuat tanaman tahu kapan aman untuk tumbuh. Tumbuhan juga dapat mendengarkan lingkungannya untuk mengetahui kapan harus mengekspresikan gen tertentu lewat getaran dari suara seperti musik”.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa hewan dan tanaman akan terpengaruh perkembangannya, subur atau layu, oleh gelombang atau irama yang ada di sekitarnya. Contoh gampangnya ialah, pohon yang ditanam di sepanjang pinggir jalan, batangnya tampak hitam oleh pengaruh asap knalpot kendaraan di situ, dibanding pohon jenis yang sama tapi ditanam di kebun yang tidak ada kendaraan, batangnya akan tampak bersih dan subur.

Ada yang menyanggah. Kritik harus diwacanakan. Saya setuju. Kritik yang benar. Bukan asal kritik, tanpa dasar. Bukan wacana tentang negara sudah dalam bahaya. Padahal tidak.

Saudaraku, negara dikritik dan dipandang sudah dalam keadaan bahaya, sudah kudengar ketika usiaku masih 30-40an tahun. Ketika itu, juga deretan tindakan kejahatan dikatakan akan menghancurkan negara. Semua presiden dikritik sama dengan presiden yang sekarang.

Saya percaya dalam kondisi negara seburuk apa pun, perangkat negara akan bekerja membongkar kejahatan itu. Hal itu saya lihat pada semua zaman dari presiden-presiden kita. Saya tidak anti kritik. Tapi kritik yang proporsional. Jangan jadi tukang kritik yang sangat yakin bahwa semua yang dikritiknya itu 100% benar.

News Feed