English English Indonesian Indonesian
oleh

Perkuat Kerukunan Beragama Lewat Dharma Santi

FAJAR, MAKASSAR — Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Makassar terus menggaungkan kerukunan beragama. Hal itu diwujudkan melalui kegiatan Dharma Santi, yang menjadi rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944/2022.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Harper Perintis, Kota Makassar, Minggu, 24 April 2022 itu, dilakukan dengan menggandeng berbagai lembaga Hindu dan berbagai tokoh dari berbagai lintas agama. Ketua PHDI Kota Makassar, Dewa Nyoman Mahendra Jaya mengatakan, Dharma Santi ini pada dasarnya merupakan ajang silaturahmi antar umat beragama, baik hindu sendiri maupun berbagai lintas agama, pemerintah, juga departemen agama.

“Dharma Santi ini dapat dijadikan momen untuk menjalin sinergi dalam memperkokoh kebersamaan, persatuan, dan kerukunan umat beragama, khususnya di Kota Makassar,” ujar Dewa.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto turut memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Menurutnya, Pemkot Makassar juga memiliki program yang selaras dengan Dharma Santi tersebut. “Pemerintah Kota Makassar selalu mensuport kegiatan-kegiatan keumatan. Pemkot juga punya program perkuatan keimanan umat beragama melalui pembinaan-pembinaan, tidak terkecuali umat hindu,” ujarnya.

Bahkan Danny sendiri mengaku punya rencana untuk membangun religius park, sebagai pusat peribadatan antar umat beragama di Kota Makassar.”Kedepannya pemerintah juga berencana membangun religius park. Kami sudah sepakat dengan salah satu developer, semoga ini bisa cepat terealisasi.” bebernya.

Sementara Ketua Panitia Perayaan Nyepi dan Dharma Santi Tahun Saka 1944/2022, Putu Wiratnaya mengatakan, Dharma Santi ini merupakan rangkaian puncak perayaan Nyepi. Sebelumnya, berbagai kegiatan sudah dilakukan, baik upacara keagamaan maupun kegiatan sosial.

News Feed