English English Indonesian Indonesian
oleh

Penghidupan Berketahanan Iklim, Bone Jadi Daerah Percontohan di Sulsel

Sementara Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bone, Ade Fariq Ashar mengatakan, dengan daerah yang cukup luas, kabupaten Bone terpilih untuk menjadi daerah percontohan dalam rangka program penghidupan berketahanan iklim di Sulsel.

“Sebuah kesyukuran bagi kami terpilih menangani program Land 4 Lives,” jelasnya.

Tentunya hal itu memberikan kesempatan kepada desa-desa yang miskin untuk memberikan pelatihan dan pemberdayaan alam kepada masyarakat sekitar. “Ketika program ini selesai sekitar 2-3 tahun, akan menjadikan masyarakat setempat maju dalam hal diskusi wacana pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). SDA yang ada di Kabupaten Bone sangat melimpah, bahkan menjadi salah satu daerah penghasil beras terbesar di Indonesia,” ucapnya.

Lanjut Ade Fariq Ashar, perencanaan secepatnya akan dilakukan pembahasan payung hukum khusus program ini. Hal ini menjadi instruksi dari World Agroforestry (Icraf) Indonesia.

“Dengan kerja sama yang dilakukan Kementerian PPN/Bappenas bersama Icraf ke Pemkab Bone, tentunya penganggaran di setiap pemberdayaan masyarakat akan terealisasi, sehingga sangat penting menggagas aturan-aturan untuk itu,” jelasnya. (bib/ham)

News Feed