English English Indonesian Indonesian
oleh

Penghidupan Berketahanan Iklim, Bone Jadi Daerah Percontohan di Sulsel

MAKASSAR, FAJAR-Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) bekerja sama dengan World Agroforestry (Icraf) melakukan Loka Karya Satu Hari.

Itu sebagai deklarasi Project Sustaninable Landscapes for Climate Resilient Livelihood Indonesia (Land 4 Lives) untuk Kabupaten Bone. Pelatihan yang berlangsung di Ball Room Hotel Claro Makassar, dibuka langsung oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman secara daring.

Leader Penelitian Pembangunan Tata Ruang Indonesia, Feri Johana mengatakan, Land 4 Lives merupakan salah satu program besar yang akan dijalankan di Kabupaten Bone. Dengan tujuan dapat mewujudkan penghidupan berketahanan iklim di Sulsel. Kabupaten Bone akan dijadikan kabupaten percontohan di Sulsel.

“Sudah 30 tahun kami menggeluti program seperti ini. Sebelumnya program besar macam ini dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng dan Bulukumba, tepatnya berakhir dua tahun lalu,” bebernya.

Lanjut Feri Johana, fasilitator hal yang utama untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap Desa. Sehingga wacana pembangunan pengelolaan alam di sekitar dapat meningkatkan masyarakat yang unggul.

Tolak ukur keberhasilan tentunya dievaluasi dari program yang telah dikembangkan oleh masyarakat terhadap pengelolaan sumber daya alam.

“Sehingga mereka bisa dengan mudah mengusulkan program-program penghijauan kepada pemerintah kabupaten dan Pemerintah Provinsi setempat. Tentunya untuk mendapatkan anggaran dari hasil pengelolan alam yang signifikan,” ucap Feri Johana.

News Feed