English English Indonesian Indonesian
oleh

Salurkan Kredit Rp4,1 T, PNM Akan Buka 25 Kantor Cabang Mekaar

FAJAR, MAKASSAR–PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Makassar kian berjaya. Tahun ini, 25 cabang Mekaar akan dibuka di wilayah Sulselbar.

Pemimpin Cabang PNM Makassar, Maimun Bakri, mengatakan pembukaan cabang baru dilakukan karena antusias masyarakat untuk bermitra dengan PNM terus meningkat. Hal itu dibuktikan dari realisasi pembiayaan yang telah dikucurkan sepanjang tahun 2021 lalu.

Tercatat, PNM telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp4,1 triliun kepada UMKM di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Rinciannya, Rp3 triliun kepada nasabah PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), dan Rp1,1 triliun kepada nasabah PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro).

Sektor usaha untuk pembiayaan Mekaar di Sulsel masih didominasi oleh Perdagangan (89,63 persen), disusul Perikanan (3,91 persen), Pertanian (2,72 persen), Home Industry (2 persen), Jasa (0,92 persen), Kredit (0,43 persen), Peternakan (0,26 persen), serta Perkebunan (0,13 persen).

Pemimpin Cabang PNM Makassar, Maimun Bakri menjelaskan, total pembiayaan tersebut disalurkan kepada kepada lebih dari 332 ribu nasabah yang dilayani oleh 92 kantor layanan.

“Alhamdulillah bukan hanya bagus dari realisasi tapi secara kualitas total Non Performing Loan (kredit macet) juga di bawah 1 persen,” terang Maimun.

PNM juga memberlakukan kebijakan relaksasi bagi nasabah yang usahanya terdampak pandemi Covid-19. Jika masa pinjaman telah jatuh tempo tapi usaha belum pulih, maka nasabah diberikan restrukturisasi.

“Kalau jatuh tempo dan kita melihat usahanya sudah recovery, mereka bisa mulai mengangsur kembali pinjamannya,” jelasnya.

News Feed