English English Indonesian Indonesian
oleh

Bank Sulselbar Perkuat Kerja Sama dengan BUMN

FAJAR, MAKASSAR –- Setelah berhasil melakukan kerja sama dengan PT Industri Kapal Indonesia (IKI), PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Bank Sulselbar) kini sedang menjajaki kerja sama dengan Semen Indonesia (SI).

Jika kerja sama ini berhasil, Bank Sulselbar akan menjadi bank parnert untuk pembiayaan suplayer dan distributor.

Pemimpin PT Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar, Muh Daenur Hafsir menyampaikan, kerja sama dengan SI tersebut hampir rampung. Pekan depan, kembali akan dilakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait IT.

“Dari sekian banyak BPD, kita cukup potensial karena di Sulsel ini ada Semen Tonasa. Artinya kita satu area dengan salah satu produsen SI (Semen Indonesia),” ujar Daenur di ruang kerjanya, Kamis, 13 Januari.

Sebelumnya, pada November 2021 lalu, Bank Sulselbar melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI). Kerja sama tersebut terkait beberapa hal, di antaranya pembiayaan untuk pembuatan dan reparasi kapal, edukasi trade financing, pengembangan potensi bisnis kedua pihak, serta optimalisasi aset.

Tahun ini, MoU tersebut tetap berlanjut. “Jadi kita pertahankan. Pokoknya kita siapkan standby loan sampai Rp50 miliar untuk setiap proyek atau produksi kapal oleh pihak IKI,” lanjutnya.

Daenur melanjutkan, selain program penguatan kerja sama BUMN tersebut, pihak Bank Sulselbar Cabang Makassar juga terus memaksimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tahun lalu, Cabang Utama berhasil menyalurkan KUT sesuai target yang mencapai Rp2,4 triliun.

News Feed