English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemensos Salurkan Bantuan untuk Penyintas Longsor Karo

FAJAR, KARO – Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan berbagai bantuan logistik kepada para penyintas bencana longsor di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bantuan logistik tambahan mulai berdatangan pada Rabu 16 Oktober 2024 dini hari dan langsung didistribusikan kepada 173 warga yang mengungsi di bangunan SDN 1 Juhar.

“Bantuan logistik tambahan tiba pukul 01.20 WIB dan langsung didistribusikan,” kata Wempy, petugas dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), yang berada di lokasi pengungsian.

Bantuan logistik ini dikirim dari gudang Kemensos terdekat, yakni Sentra Insyaf Medan dan Sentra Bahagia Medan. Bantuan tersebut meliputi 15 paket family kit, 30 paket kidware, 40 kasur, 70 selimut, 30 paket sandang anak, 100 paket sandang dewasa, dan 20 paket peralatan dapur keluarga.

Hujan deras yang berlangsung sejak Kamis (10/10/2024) hingga Jumat (11/10/2024) menyebabkan tanah longsor di beberapa desa di Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo. Sebanyak 190 jiwa terdampak, dengan 15 rumah rusak akibat longsor. Satu orang dilaporkan hilang dan hingga kini masih dalam pencarian.

Pemerintah Kabupaten Karo menetapkan masa tanggap darurat selama 14 hari, terhitung dari 13 Oktober hingga 28 Oktober 2024. Saat ini, sebagian besar warga terdampak memilih mengungsi di SDN 1 Juhar pada malam hari, sementara di siang hari mereka kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Penanganan darurat kini difokuskan pada pemenuhan kebutuhan para pengungsi serta pencarian korban yang masih hilang. (edo)

News Feed