English English Indonesian Indonesian
oleh

Bosowa Semen Latih IRT di Desa Mitra Bikin Makanan Beku

FAJAR, MAROS — Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) yang bermukim di ring satu pabrik PT Semen Bosowa Maros, Desa Baruga dan Desa Tukamasea, mengikuti Pelatihan Menu Khas Nusantara yang Berbasis frozen food, Rabu, 16 Oktober 2024.

Kegiatan yang dipusatkan di Messhall Pabrik Bosowa ini turut dihadiri perwakilan manajemen Bosowa, antara lain Safety Security Enviro and Comdev Dept Head PT SBM, Nur Alang, dan Community Development Sptd PT SBM, Budiman Habe. Hadir pula mewakili pemerintah, Camat Bantimurung Muhammad Aris SSos, MSi.

Meski kegiatan berlangsung seharian, namun tidak mengurangi semangat para ibu ini belajar langsung dari ahlinya, Chef Suryadi dari PT Interflour dan Chef Arifin dari PT Kaneka. Keduanya menyampaikan materi dan praktek langsung sehingga peserta lebih mudah memahami.

Budiman Habe mengatakan, makanan siap saji yang sudah dibekukan dan dikemas tersebut bisa menjadi nikmat, tetapi juga mudah disiapkan dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pihaknya pun menghadirkan ahli frozen food untuk mengajarkan peserta membuat bakso, mi, dan pangsit.

Kedua chef ini pun unjuk gigi dalam mengolah daging dan tepung yang disulap menjadi bakso dan mie. Karena ini berbasis frozen, Chef Suryadi juga menekankan suhu freezer harus minus enam derajat celcius, untuk mempertahankan kualitas frozen food maksimal dalam jangka waktu satu pekan.

Ia menambahkan, di saat kesibukan sehari-hari semakin meningkat, makanan beku menjadi penyelamat sejati bagi banyak orang. Tinggal buka kulkas atau freezer, dapat memiliki persediaan makanan lezat yang siap disantap dalam hitungan menit.

News Feed