English English Indonesian Indonesian
oleh

Market Day Bosowa, Edukasi Kewirausahaan Sejak Dini

FAJAR, MAKASSAR-Sekolah Alam Bosowa (SAB) dan Bosowa School Makassar (BSM) menggelar Market Day dalam rangka mengajarkan anak-anak tentang dunia entrepreneurship. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Februari 2023 dengan tema “A Day of Taste”. Dalam acara ini, siswa-siswa Bosowa School dari tingkat TK hingga SMA berkreasi dengan bahan dasar buah untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti salad buah, jus, rujak, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini merupakan implementasi Project Based Learning melalui pendidikan kewirausahaan bagi siswa. Selain berkarya, siswa juga belajar tentang pemasaran produk, komunikasi yang baik dengan orang lain, serta berhitung saat proses transaksi jual beli. Tema buah dipilih karena selain sehat, buah juga dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan.

Principal Sekolah Alam Bosowa, Hairul, menjelaskan bahwa pendidikan kewirausahaan sejak dini dapat membiasakan anak-anak dengan nilai-nilai positif dan mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. Diharapkan melalui kegiatan ini, anak-anak dapat menjadi pribadi yang efektif, kreatif, dan inovatif serta dapat menumbuhkan dan membangun jiwa kewirausahaan pada diri mereka.

Selain kegiatan utama, Market Day juga menyelenggarakan lomba menggambar dengan tiga kategori yaitu tingkat TK, SD (Kelas 1-3), dan SD (Kelas 4-6) yang diikuti oleh total peserta hingga 50 anak. Kegiatan ini dinilai sangat seru dan edukatif bagi anak-anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, menurut Mutmainnah, salah satu orang tua siswa Sekolah Alam Bosowa. (*)

News Feed