English English Indonesian Indonesian
oleh

Pimpinan DPRD Wajo Sah, Ada Sosok Srikandi di Posisi Wakil Ketua

HARIAN.FAJAR.CO.ID, WAJO–Pimpinan DPRD Wajo akhirnya disahkan via SK Gubernur. Tiga partai menempatkan kader di posisi itu.

Masing-masing Firmansyah Perkesi sebagai ketua (Gerindra); Andi Merly Iswita sebagai wakil ketua I (PAN); dan Andi Muh Rasyadi sebagai wakil ketua II (PKB).

Mereka disahkan melalui SK Gubernur Nomor 1202/X/Tahun 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2024-2029. Dengan demikian, ketiganya berhak atas posisi itu setelah publik lama menunggu kepastian.

Yang menarik dari struktur baru ini adalah kehadiran sosok srikandi menjadi pimpinan. Ini merupakan sejarah bagi DPRD Wajo yang untuk pertama kalinya menempatkan perempuan di posisi pimpinan.

“Alhamdulillah. Mohon dukungannya,” kata Andi Merly Iswita kepada FAJAR, Minggu (12/10/2024).

Merly bersyukur sekaligus berharap mendapat dukungan lantaran jabatan ini baru baginya. Dia yang dipercaya oleh PAN menduduki kursi itu, di antara enam legislator PAN yang melenggang ke DPRD Wajo hasil Pileg Februari 2024.

Suara Terbanyak

Jalan Merly mendapatkan posisi itu sebenarnya tak mudah. Dia harus berhadapan dengan sejumlah politikus senior PAN, termasuk Ketua DPRD Wajo periode 2019-2024, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, yang juga terpilih kembali pada Pileg 2024.

Akan tetapi, nama Alauddin tak lagi diusulkan ke DPW PAN Sulsel dan DPP PAN lantaran hasil rapat DPD PAN Wajo memutuskan hanya tiga nama yang diusul. Selain Merly, ada nama Sudirman Meru dan Junaidi Muhammad.

Mereka pun terbang ke Jakarta untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan alias fit and proper test di DPP PAN. Hingga akhirnya, PAN memutuskan nama Merly yang menduduki kursi pimpinan.

News Feed