English English Indonesian Indonesian
oleh

Kepala Dinas PMD Maros Dukung Program Galung Mawang PPK Ormawa Unhas

Kepala DPMD Maros juga memberikan contoh lokasi potensial untuk penerapan budidaya padi apung ini. Ia mengungkapkan bahwa, beberapa daerah persawahan di Tanralili, tepatnya di Lekopancing, diubah menjadi lahan tambak ikan nila karena kualitas air yang baik. Dari segi nilai ekonomis, tambak lebih menguntungkan dibandingkan dengan sawah.

“Namun, saya khawatir karena hampir semua persawahan diubah menjadi tambak. Budidaya mina padi bisa menjadi solusi, mengingat pertumbuhan ikan nila ini sejalan dengan pertumbuhan padi,” ungkapnya.

Untuk merealisasikan program ini, Kepala DPMD menambahkan, “Desa memerlukan RAB (Rencana Anggaran Biaya) terkait kebutuhan yang harus dianggarkan untuk mencoba budidaya padi apung ini. Nanti saya akan tawarkan kepada desa, jika ada yang tertarik.”

Sebagai langkah selanjutnya, tim PPK Ormawa UKM KPI Unhas akan terus berkoordinasi dengan DPMD Maros untuk memastikan bahwa program ini tidak hanya bermanfaat bagi Desa Moncongloe, tetapi juga menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya di Kabupaten Maros. (*)

News Feed