English English Indonesian Indonesian
oleh

Manfaatkan Alat Sehari-hari, Siswa Athirah Buat Robot Hidrolik Hingga Pembangkit Listik

FAJAR, BONE – Para siswa SMP Islam Athirah Bone berhasil membuat sejumlah karya robotika yang unik, dari robot hidrolik, capit hingga pembangkit listrik.

Karya-karya inipun telah dipamerkan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digelar Arhirah Bone di Selasar gedung SMP Arhirah sejak Jumat Pekan lalu.

P5 perdana di T.A 2024/2025 ini sendiri mengusung tema Rekayasa Teknologi. Tema ini memberikan proyek kepada siswa (i) untuk merancang dan membangun robot-robot sederhana dengan memanfaatkan berbagai material yang mudah didapatkan dan alat-alat elektronik dasar.

Melalui proses membuat robot tersebut, siswa diajak untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, kreatif, dan kritis dalam memecahkan masalah.

Guru Pembimbing Hasmawan, mengatakan siswa (i) pada pameran ini, menampilkan karya yang telah mereka buat sepekan sebelumnya dalam bentuk yang beragam.

“Tiap kelas sebelumnya telah dibagi menjadi empat kelompok, lalu masing-masing kelompok akan diberikan jenis robot sederhana yang akan mereka buat,” ujarnya.

Untuk kelas IX, sambung Hasmawan mereka ditugaskan untuk membuat mesin capit hidrolik, jembatan hidrolik, eksavator hidrolik, dan dongkrak hidrolik.

“Kemudian untuk kelas VIII, mereka diarahkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),” sambungnya.

Kemudian yang terakhir adalah kelas VII, yang dimana mereka dibimbing untuk membuat robot sederhana sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing kelompok

News Feed