English English Indonesian Indonesian
oleh

UT Berikan Kelonggaran dalam Pembayaran UKT

FAJAR, MAKASSAR- Universitas Terbuka (UT) Makassar kian diminati. itu terbukti dari semakin banyaknya mahasiswa yang masuk tiap tahun. Selain aktivitas perkuliahan bisa dilakukan di mana saja, juga beberapa kelonggaran diberikan kepada mahasiswa.

Salah satunya, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bisa dicicil. Bahkan, UKT semester ini bisa dibayarkan semester depan. Hal tersebut diungkap Direktur UT Makassar, Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim saat Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) di kampusnya, Sabtu 14 September 2024.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 600 maba secara luring. Prof Abdul Rahman Rahim menuturkan 5.630 orang mendaftar sebagai maba tahun ini, 4.000 orang telah membayar admisi dan hampir 3.000 orang telah melakukan pembayaran UKT.
Sehingga, kata dia, masih ada 1.000 orang yang belum menyelesaikan UKT.

“Kami akan menunggu, tetapi jika belum juga dibayarkan (bulan ini), maka pembayaran bisa dilakukan pada semester depan,” jelasnya.

Secara total, jumlah mahasiswa aktif UT yang sudah melakukan pembayaran UKT sudah 9.000 orang. “Angka ini menunjukkan bahwa UT Makassar sebagai PTN yang mengedepankan pembelajaran online semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat Sulsel,” ujar Rahman.

Peningkatan tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah diakses oleh generasi muda. Apalagi, mahasiswa UT bisa mengikuti seluruh aktivitas perkuliahan di mana saja dan kapan saja,” jelasnya.

“Universitas terbuka Makassar juga hadir untuk menjawab tiga persoalan besar di Indonesia, yaitu ledakan jumlah lulusan SMA, banyaknya orang yang bekerja tidak bisa melanjutkan kuliah, dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang belum mumpuni.

News Feed