English English Indonesian Indonesian
oleh

Kerja Sama Toyama dan Kanazawa University, Unhas Jadi Centre of Excellence dalam Bidang Kesehatan

FAJAR, JEPANG-Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Jamaluddin Jompa mengunjungi beberapa institusi Pendidikan Tinggi di Jepang, yaitu, Toyama University dan Kanazawa University. Dua Universitas di bagian tengah Jepang yang dikenal mempunyai Fakultas Kesehatan terutama Kedokteran dan Farmasi serta Keperawatan terbaik di Jepang. Kunjungan dilakukan, 10 Mei 2023.

Dalam kunjungan dua universitas tersebut, Prof JJ –sapaan Prof Jamaluddin Jompa diterima oleh Presiden Toyama University, Profesor Saito Shigeru beserta para wakil rektor, direktur RS dan Dekan Fakultas Farmasi dan Kedokteran. Kedua universitas mempunyai catatan kerja sama yang sangat baik dengan Unhas. Sejak awal tahun 1990-an, beberapa staf dosen dari Fakultas Kedokteran Unhas mengambil S3 di Universitas tersebut.

Kunjungan rektor Unhas sangat diapresiasi oleh pihak Toyama University. Hal ini sekaligus menandai kerja sama yang lebih erat terutama dalam bidang pertukaran mahasiswa, riset kolaborasi, dan juga beasiswa bagi staf dosen Unhas yang ingin melanjutkan studi baik S-2 maupun S3 dalam bidang Kesehatan.

Presiden Toyama University bahkan langsung menyampaikan harapannya agar Unhas dapat mengirim mahasiswa untuk studi lanjut di Toyama dengan beasiswa yang khusus disediakan oleh pemerintah Jepang kepada Toyama University. Secara otomatis kunjungan ini juga menyepakati perpanjangan kerja sama MoU yang telah terjalin selama beberapa tahun. Beberapa staf dosen yang saat ini menjabat di beberapa posisi strategis di Unhas dan juga beberapa peneliti produktif adalah lulusan Toyama University.

Rektor Unhas juga mengunjungi Kanazawa University dan berdiskusi langsung dengan beberapa staf dosen Unhas yang sedang melanjutkan studi S3 di universitas ini. Diskusi dilakukan dengan beberapa profesor di Kanazawa University yang juga mempunyai kerja sama erat, utamanya dalam bidang kesehatan.

Beberapa profesor tertarik untuk kerja sama dengan beberapa peneliti dari Unhas terutama dalam bidang microbiome. Indonesia, khususnya Sulawesi merupakan daerah yang masih menyimpan banyak misteri khususnya keanekaragaman biota (biodiversity). Objek penelitian ini dapat digunakan dalam menghadapi beberapa penyakit yang akan datang (new emerging disease). Disepakati untuk membangun bank data untuk microbiome di Unhas yang akan disokong oleh Kanazawa University.

Lawatan Rektor Unhas ke Jepang beserta tim kerja sama Unhas dari tanggal 8 Mei -12 Mei 2023. Rektor Unhas didampingi oleh penanggung jawab kegiatan yaitu Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, Prof Adi Maulana dan juga Sekretaris Rektor Sawedi Muhammad.

Ikut bersama tim Rektor yaitu Direktur Rumah Sakit Unhas, Muhammad Ichsan dan Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas beserta Wakil Dekan Fakultas Kedokteran dan beberapa staf dosen dari Fakultas Kedokteran. Kunjungan kali ini juga diikuti oleh mahasiswa Program Magister Kebencanaan Sekolah Pascasarjana Unhas yang disertai oleh Kepala Prodi Mukhsan dan Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Riset dan Inovasi, Prof Amir Ilyas. (*/)

https://harian.fajar.co.id/2023/05/13/rektor-unhas-pimpin-lawatan-ke-jepang-perkuat-posisi-ptnbh-dan-world-class-university/

News Feed