English English Indonesian Indonesian
oleh

Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Unhas Ajarkan Perhitungan Harga Pokok Produksi di Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa Makassar

FAJAR, MAKASSAR-Upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Peningkatan Pengetahuan Santri Rumah Tahfidz terkait Perhitungan Harga Pokok Produksi Peternakan. Kegiatan pengabdian berlangsung pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2024 bertempat di Yayasan Kesmas Sahabat Dhuafa Sudiang, Makassar.

Rombongan Tim Pengabdian Masyarakat diterima oleh ustadzah Haerana Mahmud salah satu pengurus Yayasan . Bunda Hera yang biasa disapa sangat apresiasi kepada Departemen Sosek Peternakan Unhas yang telah memilih tempatnya sebagai lokasi pelaksanaan pengabdian masyarakat. Beliau memaparkan bahwa sebelumnya yayasan ini bernama Rumah Qur’an Putri Sahabat Dhuafa-Bunda Umi Kalsum .

Pengetahuan tentang Perhitungan Harga pokok Produksi Peternakan (HPP) sangat penting diketahui utamanya pada saat santri akan memulai usaha produk peternakan. Berapa harga pokok produksi (HPP) yang dikeluarkan dalam rangka mengolah barang mentah atau bahan baku, menjadi produk yang siap di jual.

Harga ini, menjadi dasar dari semua perhitungan harga jual yang akan dipasarkan, serta keuntungan yang akan didapatkan. Tanpa mengetahui total harga pokok produksi yang dikeluarkan , maka penghitungan harga jual produk juga akan sulit. Padahal dengan harga jual ini usaha yang dilakukan santri akan mendapatkan keuntungan.

Jadi pada dasarnya, mengetahui biaya produksi adalah langkah awal menentukan keuntungan yang didapat dari aktivitas produksi dan penjualan yang dilakukan kata Prof Dr. Ir. Hj Hastang, MSi, IPU . Turut Hadir Pada kegiatan Pengabdian masyarakat ini adalah Prof. Dr. Ir. Aslina Asnawi, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng; ; Dr. Ir. Agustina Abdullah, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng, Dr. Ir. A. Amidah Amrawaty, S.Pt., M.Si., IPM.,; Dr. Ir. Siti Nurlaelah, S.Pt., M.Si., IPM;.; Dr. Ir. Palmarudi, M., SU; Dr. Ir. Kasmiyati Kasim, S.Pt., M.Si; dua orang dosen Fakultas Vokasi yaitu Andi Dharmawan Wicaksono, S.Pt., M.Si dan Sri Wira Utami, S.Pt., M.Si serta mahasiswa.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikoordinir oleh Ketua Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Aslina Asnawi, S.Pt., M.Si., ASEAN Eng dan Sekretaris Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Dr. Ir. Siti Nurlaelah, SPt, MSi,IPM.

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan terjadwal yang dilakukan setiap semester di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberdayakan santri Rumah Tahfidz Qur’an melalui pemberian materi terkait Perhitungan Harga pokok Produksi.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan para santri dalam melakukan perhitungan biaya produksi dalam memulai usaha produk peternakan.

Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan. Para santri sangat antusias dalam mengetahui cara perhitungan biaya produksi. Pengetahuan mereka jika ingin menjual suatu produk biasanya hanya menaksir saja tetapi ternyata dengan pengetahuan yang diberikan oleh Tim pengabdian masyarakat dari Dosen Sosial Ekonomi Peternakan yang memberikan pengetahuan dan wawasan bagaimana cara melakukan memulai usaha produk peternakan sehingga usaha bisa mendapatkan keuntungan, kata salah satu santri yang berasal dari Jeneponto.

Ustadzah Hera di akhir sambutannya mengucapkan apresiasinya kepada rombongan dan sangat berharap ke depannya kegiatan-kegiatan yang serupa dapat dilakukan di tempat tersebut.

Dia sangat terbuka untuk memberi kesempatan kepada Fakultas Peternakan Unhas jika akan melakukan kegiatan abdimas di masa yang akan datang Ucapan terima kasih kepada pengurus, pengasuh, ustadzah, para santri dan para dosen Departemen Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian. (*)

News Feed