English English Indonesian Indonesian
oleh

Luncurkan Compact IKU, Unhas Komitmen Capai Kinerja Utama Perguruan Tinggi

MAKASSAR, FAJAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) meluncurkan COMPACT (Competitive Program for Accelerating the Achievement) IKU (Indikator Kinerja Utama) sebagai bentuk komitmen dan kerja bersama dalam upaya pemenuhan delapan IKU Perguruan Tinggi.

COMPACT IKU diluncurkan sebagai slogan yang mengingatkan peran dan tanggung jawab civitas akademika agar mengambil bagian. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastuktur, Prof Ir Sumbangan Baja, menjelaskan program pencapaian indikator kinerja yang sebelumnya telah dilakukan Unhas.”Unhas telah mencapai prestasi hingga sekarang dan hal baik ini perlu dilanjutkan. Saat ini, kementerian mengeluarkan keputusan tentang ukuran kinerja perguruan tinggi. Kita berhasil memperoleh peringkat 5 nasional dalam liga PTN-BH. Ini tentunya harus dipertahankan dan ditingkatkan. Langkah strategis akan terus dilakukan melalui keterlibatan berbagai pihak, hingga sasaran akhirnya adalah pencapaian delapan IKU,” jelas Prof Sumbangan.

Ini merupakan lanjutan dari program PPKPS yang berjalan baik dan mengantarkan pencapaian akreditasi prodi, yang diterapkan pada tahun 2017 lalu.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu yang meresmikan peluncuran Compact IKU mengungkapkan program ini merupakan hasil dari sistem kerja terintegrasi dalam upaya pencapaian 8 IKU.

Berbagai ukuran kinerja perguruan tinggi yang terkadang berubah membuat Unhas kemudian mengambil langkah adaptif dengan mengemasnya menjadi satu program terpadu.

“Untuk IKU ini kita bersyukur memperoleh peringkat 5, namun, jangan terlena, harus fokus untuk mempertahankan atau meningkatkan apa yang telah diperoleh,  dengan grant insentif yang kita terima dari kementerian, tentu menjadi semangat tersendiri, jika kita punya Catch WCU, kini hadir COMPACT IKU, dimana peran seluruh sivitas akademika diperlukan hingga pada bagian unit terkecil, kita adalah tim kerja yang harus berjalan pada satu barisan,” kata Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas itu.

News Feed