English English Indonesian Indonesian
oleh

Unibos-UNM Kolaborasi Kembangkan Penelitian

FAJAR,MAKASSAR–Program studi (Prodi) IPA dari dua kampus, Universitas Bosowa (Unibos) dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) jalin kerja sama. Mereka sepakat mengembangkan penelitian terkait Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kolaborasi dua kampus ini merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Fokusnya ke pengembangan penelitian dan peningkatan kualitas Sumber Data Manusia (SDM).

Ketua Prodi IPA FKIP Unibos, St Muriati, mengatakan kolaborasi pertama ini sebagai upaya untuk dapat melaksanakan pertukaran mahasiswa dan pemagangan mahasiswa. Lewat hal tersebut kata dia, telah disusun kgiatan seminar, pelatihan, dan workshop, dalam bidang penelitian (joint research), dan penerbitan jurnal ilmiah.“Kami juga akan melakukan peningkatan sumber daya manusia serta saling menunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana,” ucapnya.

Kata Muriati, ada beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki masing-masing kampus. Ini akan dimanfaatkan. Misal di UNM punya laboratorium lengkap yang tidak dimiliki Unibos, maka melalui kerja sama tersebut, Unibos bisa berkesempatan memakai itu dalam penelitian. “Begitupun IPA UNM ketika membutuhkan fasilitas dan sarana yang dimiliki Unibos, maka dengan senang hati diberikan memakainya,” ucapnya.

Ketua Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM, Ramlawati memastikan dalam waktu dekat ini mereka akan mengunjungi satu desa dan akan melakukan pengabdian masyarakat bersama. Salah satunya adalah memanfaatan hasil pertanian desa tersebut. “Untuk desanya masih sementara disusun dulu mana yang akan disasar pertama untuk kolaborasi tersebut,” ucapnya.(wis/dni)

News Feed