English English Indonesian Indonesian
oleh

Kelaparan Melanda Gaza, PBB Tuduh Israel Menolak Akses Bantuan

Lazzarini juga meminta Hamas dan kelompok bersenjata lainnya untuk menghentikan serangan terhadap tempat penyeberangan kemanusiaan, menahan diri dari pengalihan bantuan dan memastikan bantuan menjangkau semua yang membutuhkan.

Sebuah laporan yang didukung PBB pada bulan Maret mengatakan bahwa kelaparan akan segera terjadi dan mungkin terjadi pada bulan Mei di Gaza utara, dan dapat menyebar ke seluruh wilayah kantong tersebut pada bulan Juli.

Kelaparan diperkirakan terjadi ketika setidaknya 20 persen penduduk menderita kekurangan pangan ekstrem, dengan satu dari tiga anak mengalami kekurangan gizi akut dan dua dari setiap 10.000 anak meninggal setiap hari karena kelaparan atau kekurangan gizi dan penyakit.

Para pejabat PBB mengatakan bahwa pada umumnya ketika kelaparan diumumkan secara resmi di suatu tempat, sudah terlambat untuk menyelamatkan banyak orang.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pekan lalu bahwa kelompok paling rentan di Gaza utara sudah sekarat karena kelaparan dan penyakit. (amr)

News Feed