English English Indonesian Indonesian
oleh

Seminar Sastra Jepang Unhas: Ulas Peluang Berkarier hingga Peraturan di Jepang agar Terhindar Masalah

Seminar hari ini merupakan rangkaian terakhir dari dua seri seminar sebelumnya yang telah dilaksanakan secara online pada bulan Februari dan Maret 2024. Seri pertama bertema “Pengalaman dan Tips Bekerja di Jepang” mengundang dua pembicara, yaitu Muhammad Reza Rustam, Ph.D., dan Anshar Abdullah, Dipl. Eng. Edukasi mengenai hak dan kewajiban pekerja asing di Jepang menjadi fokus pembicaraan.

Selain itu, tips dan trik bekerja bersama orang Jepang dengan latar budaya dan sosial yang sangat berbeda dengan Indonesia juga dibahas secara tuntas pada seri tersebut. Selanjutnya, seri kedua bertema “Terwujudnya Mimpi Bekerja di Jepang” menghadirkan lima alumni Departemen Sastra Jepang yang saat ini belajar dan bekerja di Jepang.

Selain bercerita tentang jalur yang ditempuh menuju Jepang, mereka juga membagikan pengalaman positif dan negatif selama berada di sana. Di antara mereka, ada yang berangkat ke Jepang melalui jalur beasiswa dan jalur sekolah Bahasa Jepang (Nihongo Gakko) dengan visa pelajar, namun ada juga yang berangkat dengan visa kerja.

Melalui ketiga seri seminar ini, diharapkan mahasiswa dan alumni Departemen Sastra Jepang dapat mengetahui peluang-peluang untuk berkarier di Jepang, serta memahami budaya dan peraturan di Jepang guna meminimalisir masalah di sana nantinya.

“Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Jepang dan soft skill lainnya selama studi di Universitas Hasanuddin. Skill tersebut sangat penting untuk memenuhi tuntutan pasar kerja,” ungkap Ketua Departemen Sastra Jepang, Fithyani Anwar, S.S., M.A., Ph.D. (*/)

News Feed