English English Indonesian Indonesian
oleh

Negeri Ginseng

Oleh:
I’zaz Dhiyaul Auliyah
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
Saat ini sedang dalam program Magang Mandiri di Harian Fajar

SEBUT saja namanya Valin. Ia adalah remaja kelas 3 SMP. Ia mengenal Korea Selatan pada tahun 2017. Hal pertama yang membuat Valin jatuh cinta pada negara berjuluk Negeri Ginseng itu, karena mendengar lagu salah satu boyband yang bernama BTS.

Kala itu, lagu yang hype adalah “Go Go”. Saat mendengarkan lagu tersebut kemudian ia tertarik. Akhirnya, Valin mencoba mencari tahu siapa penyanyi lagu tersebut. Ternyata lagu tersebut berasal dari Korea Selatan dan dinyanyikan oleh BTS.

Valin mulai mengikuti kegiatan dan mulai mendengarkan lagu-lagu mereka yang lain. Mulai menonton musik video mereka, bahkan variety show yang mereka bintangi. Setelah Valin mengenal Negeri Ginseng, perilaku dan kepribadiannya mulai berubah. Valin juga mulai menonton Drama Korea.

Tanggapan orang tua Valin juga mulai terlihat, terutama ibunya yang kurang menyukai hal ini. Sedangkan ayahnya, tidak mempermasalahkan hal ini. Ibu mulai melarang Valin untuk menonton atau mendengarkan segala hal yang berhubungan dengan Negeri Ginseng ini.

Akan tetapi, Valin tidak bisa melakukan hal itu karena sudah terlalu menyukai Negeri Ginseng sampai saat ini. Ibu selalu menyuruh Valin untuk berhenti menonton Drama Korea dan mendengarkan lagu yang berasal Negeri Ginseng.

Sebenarnya, ada alasan kenapa Valin tidak bisa berhenti untuk menyukai hal yang berbau Korea Selatan. Salah satunya jika merasa sulit atau pun merasa gelisah, Valin akan mencari hiburan yang tidak perlu mengeluarkan uang banyak dengan pergi ke luar rumah. Yaitu menonton Drama Korea, serta menonton dan mendengarkan lagu idol kesukaannya saja.

News Feed