English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor UIM Siap Hadapi Transformasi PPG

SOLO, HARIAN FAJAR — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), Prof. Dr. Muammar Bakry, Lc. M.Ag. siap mendukung transformasi pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Hal itu disampaikan usai melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Dirjen GTK bersama dengan 134 LPTK Penyelenggara PPG di Grand Mercure Solo, Jawa Tengah, Minggu, 21 April 2024.

Menurut Muammar, PPG yang dilaksanakan mendatang akan mengalami transformasi. Hal itu sesuai dengan paparan Dirjen GTK di hadapan seluruh rektor penyelenggara PPG.

“Hal itu untuk mempercepat 1,6 juta guru yang belum tersertifikasi. Termasuk pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, yang akan mengalami perubahan, termasuk perubahan istilah atau penyebutan. Dulu namanya peserta PPG Daljab, menurut penyampaian di hadapan rektor penyelenggara PPG akan diganti dengan istilah PPG dalam kondisi tertentu,” jelasnya.

Berdasarkan dengan hal itu, Muammar menekankan, bahwa UIM sebagai LPTK penyelenggara PPG harus menyesuaikan dan juga melakukan transformasi agar apa yang diharapkan oleh Kementerian Pendidikan bisa terealisasi.

“Perubahan-perubahan itu harus disambut baik, sebagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menghadapi tantangan dalam menyelesaikan permasalahan guru di di Negara ini,” jelas Imam Besar Al Markaz Makassar.

Bukan hanya itu, Muammar menambahkan, dengan pelibatan UIM sebagai LPTK penyelenggara PPG, maka diharapkan masyarakat bisa memilih UIM sebagai Perguruan Tinggi yang kapabel dalam mencetak guru-guru profesional.

“Dengan pelibatan UIM sebagai penyelenggara PPG membuktikan bahwa UIM sudah terlegitimasi sebagai LPTK yang bisa mengantar generasi bangsa ini menjadi guru profesional. Oleh karena itu, kita berharap masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang sarjana khususnya pada jurusan pendidikan bisa memilih prodi Pendidikan yang ada di Universitas Islam Makassar,” papar alumnus Al Azhar Kairo Mesir itu. (*)

News Feed