English English Indonesian Indonesian
oleh

Momen Libur Lebaran, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Titip Masyarakat Sadar Wisata

MAKASSAR, FAJAR — Momentum libur panjang hari raya Idulfitri 2024 ini akan sangat ramai. Prediksi perjalanan arus mudik mencapai 6,6 juta orang.

Kebiasaan masyarakat Sulawesi Selatan saat pulang kampung atau menghabiskan waktu libur adalah mengunjungi destinasi wisata yang populer dan nyaman bagi keluarga.

Di Sulsel, sebut saja Pantai Bira di Bulukumba, Pantai Losari dan CPI di Makassar, Rammang-rammang di Maros-Pangkep, hingga Malino di Gowa.

Kenyamanan pengunjung menjadi atensi pelaksanaan libur Lebaran di titik-titik wisata. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Andi Munawir mengatakan, pelayanan maksimal dari sebuah destinasi wisata dapat dilihat dari bagaimana masyarakat sekitar bisa sadar wisata.

Sadar wisata artinya bisa menyesuaikan diri dengan para pendatang, memberikan sambutan terbaik agar wisatawan merasa aman dan nyaman di daerah wisata tersebut.

Andi Munawir memaparkan, terdapat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di setiap destinasi wisata unggulan di Sulsel. Ia mengaku, pihaknya selalu melakukan imbauan dan masukan terkait upaya masyarakat sadar wisata tersebut.

“Destinasi wisata yang mau berkembang menentukan sekali itu penerimaan masyarakat, mulai dari keramahan, memberikan informasi yang jelas, fasilitas di sana itu berpengaruh pada kunjungan wisatawan,” tukas Andi Wiwin, sapaannya.

Andi Wiwin yakin, dengan masyarakat yang sadar wisata, akan menciptakan lingkungan wisata yang aman dan nyaman bagi pengunjung. Secara tidak langsung, para wisatawan akan mempromosikan destinasi wisata tersebut kepada teman-temannya ketika merasa berkesan dengan tempat itu.

News Feed