English English Indonesian Indonesian
oleh

Gelontorkan Dana Rp10 M, Pemda Makin Seriusi Bandara di Bone dengan Perluas Lahan 15 Ha

BONE, FAJAR-Bandara Arung Palakka segera dikerja lagi. Anggaran Rp10 miliar disiapkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone akan menambah luasan landasan pacu tahun ini. Pj Bupati Bone Andi Islamuddin mengatakan penambahan landasan pacu ini mencapai 15 hektare.

“Totalnya mencapai 15 hektare yang akan dibebaskan oleh pemda untuk penambahan landasan pacu di Bone dari 1.410 menjadi 2.500 meter,” terang Islamuddin, pekan lalu.

Perluasan Bandara Arung Palakka ini akan melalui tahapan inventarisasi lahan. Lahan yang akan dibebaskan juga harus melewati tahapan asesmen dari tim apraisal untuk menentukan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Anggaran yang disiapkan lewat Bantuan Keuangan Provinsi mencapai Rp10 miliar. Jika anggaran tersebut tidak mencukupi setelah dilakukan asesmen, pemkab akan mengalokasikan anggaran tambahan dari APBD Bone.

“Dengan Rp10 miliar tersebut, kalau ternyata tidak cukup, kami akan mengalokasikan anggaran tambahan dari APBD Kabupaten Bone untuk membebaskan areal perpanjangan bandara,” jelas Islamuddin.

Terkait desain, akan dilakukan desain ulang sesuai permintaan Pj Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin, agar panjang landasan mencapai 2.500 meter. Dengan penambahan luasan lahan ini, pesawat yang dapat masuk pun akan lebih besar, sekelas Boeing.

Rute penerbangan juga bisa langsung ke beberapa kota besar tanpa harus transit di Makassar.

“Pertumbuhan ekonomi dan geliat penerbangan bisa meningkat. Masyarakat bisa langsung terbang ke Jakarta tanpa transit di Makassar, Bandara Arung Palakka menjadi bandara penyangga,” terangnya.

News Feed