English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim Pengabdian Masyarakat LPPM Unhas Edukasi Pengolahan Pangan Fungsional Hasil Ternak di Pinrang

FAJAR, MAKASSAR-Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin melalui tim yang diketuai Dr. Hajrawati, MSi melaksanakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Padaidi, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang pada 2-3 Maret 2024. 

Tim dengan anggota Prof Muhammad Irfan Said, Prof. Fatma Maruddin MP, Drh Farida Nur Yuliati MSi dan Dr Wardhani Hakim MSi ini memberikan edukasi dan pelatihan membuat produk olahan daging ayam afkir dengan penambahan antioksidan alami. 

Produk yang dibuat antara lain bakso dengan penambahan daun kelor, bakso dengan penambahan ubi ungu, dan nugget dengan penambahan wortel. 

Kegiatan ini dihadiri 20 orang peserta terdiri dari  kelompok wanita ternak, ibu rumah tangga, anggota majelis taklim dan remaja putri. Peserta pelatihan terlihat antusias menerima materi yang disampaikan oleh tim pengabdian dari LPPM Unhas.

Ketua tim Dr. Hajrawati menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan alternatif solusi pemanfaatan ayam petelur afkir yang banyak di daerah tersebut dan harganya relatif murah yaitu Rp 15.000 per ekor.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk penerapan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dosen di kampus Unhas, khususnya pembuatan produk olahan daging sebagai pangan fungsional kepada masyarakat,” ujarnya. 

Pengabdian masyarakat ini diharapkan memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wanita ternak dan ibu rumah tangga di kelurahan Padaidi, khususnya terkait pembuatan produk olahan hasil ternak kaya antioksidan sebagai pangan fungsional. 

News Feed