English English Indonesian Indonesian
oleh

Andikpas di LPKA, Maros Akan Diberi Pelatihan dan Bimbingan Sastra

FAJAR, MAKASSAR-Dosen Departemen Sastra Indonesia Universitas Hasanuddin, Dr. Inriati Lewa, M.Hum., selaku ketua tim bersama salah satu anggota tim, Syahwan Alfianto Amir, S.S., M.Hum. berkunjung ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Maros, Senin, 26 Februari 2024. Kunjungan tersebut untuk meminta kesediaan pihak LPKA menjadi mitra dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat.

Mustafa, S.Pd., M.H., selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapidana Anak LPKA, Maros, saat ditemui untuk meminta kesediaan kerja sama oleh ketua tim menyambut baik rencana kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa “LPKA siap menyediakan tempat untuk program bimbingan kreativitas seperti ini, sebab akan sangat membantu dalam membentuk karakter Andikpas lebih baik.”

Mustafa juga memaparkan bahwa sekarang ini, ada 73 narapida anak yang ada di LPKA, Maros dari berbagai macam kasus. Dari soal narkotika, pelecehan, sampai kasus sajam (senjata tajam). Semuanya dihuni oleh napi anak laki-laki.

Karena itu, Pelatihan dan Bimbingan Menulis Sastra pada LPKA Maros ini kata Inriati Lewa, lebih menekankan pada aspek membangun karakter pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan melalui pelatihan dan pengajaran sastra. “Dengan kegiatan ini, anak-anak akan diberi bekal dan pengetahuan memadai soal karakter dari sudut pandang sastra atau karya sastra,” tutur ketua tim yang juga pengajar mata kuliah Pengantara Ilmu Sastra dan Sastra Anak di Departemen Sastra Indonesia Unhas. (*)

News Feed