English English Indonesian Indonesian
oleh

Sehari Bersama KMFIB-UH: Mahasiswa Angkatan 2023 Unjuk Karya Kreativitas

FAJAR, MAKASSAR-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (FIB Unhas) menggelar kegiatan “Sehari Bersama KMFIB-UH” pada Sabtu, 18 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Proses Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 (PPMB) dan merupakan langkah awal bagi mahasiswa FIB angkatan 2023 untuk bergabung dalam Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (KMFIB-UH).

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan identitas mahasiswa FIB secara komprehensif, membangun kesadaran kritis, dan meningkatkan kemampuan analitis mahasiswa baru. Selain itu, PPMB juga diharapkan menjadi kegiatan pengkaderan awal untuk membentuk peserta menjadi kader yang lebih berkualitas.

Pengukuhan mahasiswa FIB angkatan 2023 sebagai anggota KMFIB-UH dilakukan secara seremonial di Baruga AP Pettarani Unhas. Seremoni ini akan dipimpin oleh ketua BEM KMFIB-UH periode 2023-2024. Di Baruga itu juga dihelat pentas kesenian.

Menurut Emma Hamza, anggota BEM KMFIB Unhas divisi Kajian Strategis dan Advokasi, tahap keempat kegiatan ini bertujuan untuk mengukuhkan peserta dalam mengembangkan hasil karya kreativitas. “Ini sebagai bentuk partisipasi dalam agenda sehari bersama KMFIB-UH,” jelasnya dalam rilis.

Proses PPMB ini melibatkan beberapa tahap. Tahap pertama fokus pada membangun penalaran kritis dan kemampuan analisis mahasiswa baru melalui focus group discussion (FGD) dengan fasilitator. Materi yang disampaikan mencakup topik seperti Sejarah Gerakan Mahasiswa, Sejarah Pergerakan Mahasiswa Sastra Fakultas Ilmu Budaya, Tokoh Sastra dan Karyanya, serta Peran Mahasiswa Sastra Saat Ini.

News Feed