English English Indonesian Indonesian
oleh

Usung Tema Demokrasi Ramah Lingkungan, SHI dan Republik Hijau Gelar Lomba Fotografi Essai

FAJAR, MAKASSAR- Sarekat Hijau Indonesia (SHI) dan Republik Hijau akan menggelar Lomba fotografi Essai dengan mengusung tema Demokrasi Ramah Lingkungan.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menghidupkan kepedulian pada isu lingkungan, dengan dimulai menyasar para peserta yang tertarik pada isu lingkungan dan perubahan iklim dalam semarak pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024.” jelas Ketua SHI Sulsel selaku penanggung jawab Rizal Pauzi.

Rizal demikian sapaannya mengungkapkan ketertarikan pihaknya gelar kegiatan ini adalah bahwa selama ini menjelang pemilihan umum (pemilu) telah marak ditemukan praktik-praktik yang tidak ramah lingkungan.

Ia menjelaskan, sebagai contoh maraknya oknum tertentu memasang alat peraga kampanye di pohon-pohon yang tidak ramah lingkungan.

Selain itu, Rizal juga mengutip bahwa berdasarkan survei nasional oleh indicator.co.id, dimana isu konservasi lingkungan mencapai 0,6% namun dianggap masalah yang mendesak. Kemudian CSIS juga merilis  bahwa isu lingkungan ini hanya mencapai 2,7 persen juga dianggap masalah yang mendesak.

“Nah berdasarkan data tersebut tentu menjadi catatan tersendiri untuk menyadarkan kita agar lebih peduli terhadap lingkungan” tandas Dosen Fisip Unhas ini.

Mantan Sekretaris KNPI Maros ini mengajak kepada khalayak yang tertarik dengan isu lingkungan mari untuk mengambil bagian dalam berpartisipasi pada kegiatan ini sebagai upaya untuk kampanye akan pentingnya lingkungan.

Diketahui bahwa adapun time line kegiatan ini adalah Masa Pelaksanaan dimulai Selasa, 16 Januari 2024 – Selasa, 13 Februari 2024. Dengan agenda terdiri dari: 16 Januari 2024 – 10 Februari 2024, masa Pendaftaran Peserta. Kemudian  11 – 12 Februari 2024 tahap Penjurian Karya. dan terakhir Selasa, 13 Februari 2024, tahap Pengumuman Pemenang lomba.

News Feed