English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI akan Buka Prodi Spesialis Obstetri dan Ginekologi

FAJAR, MAKASSAR—Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mempersiapkan diri membuka prodi Spesialis Obstetri dan Ginekologi.
Merupakan cabang ilmu kedokteran yang mendalami keilmuan kesehatan perempuan.

Lokakarya dan visitasi persiapan pembukaan prodi tersebut digelar, Kamis, 1 Februari 2024. Hadir tim Kolegium Obgin Indonesia Prof Andon Hestiantoro, dan Prof Dwiyana Ocviyanti. Juga pimpinan FK Unhas Makassar. Kegiatan berlangsung di ruang senat dr Chaeruddin Lakare FK UMI.

Dekan FK UMI, dr Nasrudin A Mappaware, mengatakan prodi mendalami kesehatan perempuan baik dalam kondisi perempuan yang sedang hamil dan kondisi kesehatan organ reproduksi yang tidak terkait kehamilan.

Program studi baru ini, sudah direncanakan sejak tahun 2018 lalu. dr Nas, sapaan akrabnya menyebut pembukaan prodi ini berkat sinergitas antara FK Unhas dengan FK UMI

“Sampai hari ini sinergitas bersama FK Unhas tetap kompak. Kemitraan menjadi komitmen jalan bersama role model pengembangan fakultas kedokteran ke depan,” tutur dr Nas.

Rektor UMI Makassar, Prof Sufirman Rahman mengatakan Spesialis Obstetri dan Ginekologi merupakan prodi yang sangat ditunggu-tunggu. Kehadiran prodi Spesialis Obstetri dan Ginekologi akan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kalau kita kaitkan data tentang kematian karena melahirkan, itu tidak terlepas dari kurangnya dokter ahli kandungan,” kata Prof Sufirman.

Olehnya, kata dia, UMI sangat mensupport kehadiran prodi Spesialis Obstetri dan Ginekologi. “Jadi ini kesempatan UMI untuk beramal amaliah di tengah-tengah masyarakat dengan hadiran prodi ini nantinya,” tambah Prof Sufirman.

News Feed